Akhirnya akhirnya oh akhirnya gue bisa bercuap cuap ria disini. Udah sebulan gue digembleng. Judulnya sih diklat prajabatan. 2 minggu pertama ke Batujajar Bandung, ke Pusdikpasus (pusat pendidikan pasukan khusus), khusus militer cuy. Awal-awal gue pikir ga mungkin lah kita diperlakukan kaya militer. Dan ternyata senyata-nyatanya, bener-bener militer. Kita disana dikumpulin dari Bandung, Palembang, Surabaya, sama Jakarta. Total ada 535 orang. Pertama kali dikumpulin entah kenapa mata sama otak gue kaya kerjasama gitu bikin gue berfikir kalo ngeliat orang-orang tuh berasa de ja vu. Si ini mirip siapa lah, si itu mirip siapa lah, pokonya ampir semua yang disitu berasa pernah gue kenal.
Jujur, 2 minggu disitu berasa lamaaaaaa banget banget. Hape dikumpulin, ga boleh nonton tv, jadi kita full bener-bener berasa jauh dari mana-mana. Hari pertama yang ada di otak gue cuma kata "nyesel". Hari ke dua ke tiga ke empat masih kata itu yang ada di otak gue. Nyesel ngapain gue pake acara pindah kerja, kenapa harus milih ini, pokonya pengen kabur deh. Sebenernya sih kegiatannya cuma yah intinya gue ikhlas ngejalaninnya. Satu yang bikin gue berfikiran pengen kabur, MAKAN. Hihihihi. Makannya itu loh, itu itu aja. Ampe pengen muntah. Dan nasi bejibun kaya porsi tukang beca harus abis 5 menit. Sumpah gue setres tiap kali jadwal makan. Mana makannya sering banget lagi, jam 5 pagi makan, jam 10 extra puding, jam 12 makan lagi, jam 6 makan lagi, jam 9 malem extra puding lagi. Dan semua nya porsi abang-abang kecapean parah, dan harus abis dalam waktu 5 menit kadang 3 menit.
Itu seminggu pertama. *mulai hawa-hawa ceria ditengan pembantaian. Hehehe.
Seminggu kedua gue mulai kecanduan makan sebanyak itu dalam waktu singkat. Mulai cepet laper. Mulai menanti-nanti extra puding. Mulai belajar bersyukur banyak orang yang ga seberuntung gue diluar sana buat makan sebanyak ini. :) Oiya, beberapa hari sebelum hari terakhir, kita dibolehin keluar tapi cuma 2 jam, itu pun cuma boleh di depan Pusdikpasus. :P Tapi lumayan lah, gue nyempetin ke warnet waktu itu. Pedahal planning nya pengen makan bakso pedes, tapi hasrat makan nya kalah sama hasrat online. Hihi.
Next topic. Dari awal gue bilang, se dibantai gimana pun disana gue ikhlas. Jadi seberat apapun berasa asik aja. Banyak banget pengalaman yang gue dapetin di sana. Banyak banget hal-hal yang pasti sebelumnya gue mikir ga mungkin gue bisa ngelakuin itu jadi mungkin. Contohnya, gue nyobain belajar outbound-outbound yang menurut gue mengerikan :
1. Mountainering
2. Rayapan tali 2
3. Titian Tali 1
4. Jaring Pendaratan
5. Lempika
6. Flying Fox
7. Survive (Bertahan hidup di alam), disini prakteknya kita makan daging ular. Tapi gue ga makan sih, jadi ga tau rasanya. :D )
Gue ga percaya gue bisa ngelewatin itu.Meskipun pas di mountainering gue gagal, hihi ga bisa jalan di tembok model begitu 90 derajat. Yang ada gue ngegantung di tengah-tengah. Tapi overall semuanya berkesan. Kalo bukan disini, gue ga bakal mau nyobain yang begituan.
Beberapa hari sebelum hari terakhir, kita ke situ lembang. Itu tuh tempat latihan para Komando (TNI AD), dan ga sedikit yang meninggal latihan disana. Cadas banget kan?? Ngeri. Dan satu hal, dingin PARAH. Pertama dateng turun dari truk, kita langsung diceburin, katanya sih semacam ritual wajib gitu buat yang mau latihan disitu. Dingin gila, dan saya cuma bisa nerimo legowo. Hihi. Btw, terus ada jurit malem gitu di hutan nya situ lembang. Jalan sendiri-sendiri, ada kuburan juga, rintangan yang dilewatinnya semua yang diatas tadi, tapi ini lebih di alam nya. Seru sih, meskipun jalannya gue kaya dikejar setan gara-gara pengen nemu orang di depan gue. Hihihi. Bukan gara-gara gue ingin yang terdepan, tapi gara-gara gue agak-agak takut gitu deh. *AGAK SANGAT TAKUT.
Intinya, banyak banget yang gue dapet disini. Dan, gue sangat sangat kagum sama orang-orang yang mau jadi TENTARA. Kalo gue, ini pikiran gue yang bener-bener apatis dan ga mau susah. Gue sih mau nya urusin aja urusan gue sendiri, hidup gue aja masih acak-acakan, kenapa harus ngurusin hal yang lebih gede. Dan dengan resiko yang gede pula mereka harus berkorban. Sumpah salut. Apalagi sama cewe-cewe yang mau jadi tentara itu.
Lanjut dari Batujajar, kita ke JAkarta buat pengenalan perusahaan. 4 Hari disitu nginep di cengkareng dengan masih diawasin tentara. Masih belum tenang hidup kita disitu. Hihi. Abis 4 hari, baru dipencar-pencar sesuai bidang. Gue kebetulan ngambil TPD (Pengolahan Data), tempatnya di Semarang. Ampe tanggal 20 disini. Hmm disini enak sih, sekamar berdua, tapi enak lah tempatnya, makananya juga udah manusiawi. Hahaha. Gue sekamar sama Atika, biasa dipanggil Tika, anaknya sumpah jail dan bawel banget (hahaha tikaaaaa baca blog gue, dan lu ga bisa marah, karna kita sekarang udah ga sekamar lagi. hihihi. will be miss u). Di semarang sini tiap hari minggu kita bebas keluar. Waktu itu gue ke Lawang sewu, pantai Marina sama mesjid agung semarang. Btw, Lawang sewu emang ngeri asli, gue baru tau tu tempat bekas kantor Kereta Api. Dan waktu kemaren gue kesana lagi di renov gitu, kata si tourguide nya sih mu dijadiin kantor KA lagi. Hmmmmm yakin ada yang mau ngantor disana??? :D :D
Btw, malem minggu kemaren diumumin tempat OJT. Dan aktifitas jantung gue mendadak hiper. Gue ternyata belum sanggup nerima kalo harus ditempatin jauh dari Tasik, apalagi kalo harus ke luar jawa. Ga sanggup. Bohong kalo dulu gue bilang mau mau aja dimanapun gue ditempatin. :D. Dan dan dan, gue dapet di Indramayu. :D :D Senangggggggggg.. Dan tebak??? Kantornya pembangkitan indramayu adanya di Jakarta. Hahaha yess gue balik ke Jakarta. Emang kadang yang kita ga mau justru jadi apa yg kita dapet. Tapi tetep alhamdulillah.. Terimakasih ya allah. :* Mudah-mudahan semuanya tetap dilancarkan. Amin. :D
3 tahun di bandung, ampir 2 tahun di jakarta, n next, kembali Jakarta. Untuk berapa taun?? Hihi ga tau, yang jelas berharap Tasik tetep kota tercinta gue. Dan berharap masa tua disana. :D :D
--------------------------------------Update on 19/09/2010---------------------------------------
Baru sempet nge-update, teman-teman ternyata gue ditempatin di indramayu. Di Pembangkitan indramayu :
Itu seminggu pertama. *mulai hawa-hawa ceria ditengan pembantaian. Hehehe.
Seminggu kedua gue mulai kecanduan makan sebanyak itu dalam waktu singkat. Mulai cepet laper. Mulai menanti-nanti extra puding. Mulai belajar bersyukur banyak orang yang ga seberuntung gue diluar sana buat makan sebanyak ini. :) Oiya, beberapa hari sebelum hari terakhir, kita dibolehin keluar tapi cuma 2 jam, itu pun cuma boleh di depan Pusdikpasus. :P Tapi lumayan lah, gue nyempetin ke warnet waktu itu. Pedahal planning nya pengen makan bakso pedes, tapi hasrat makan nya kalah sama hasrat online. Hihi.
Next topic. Dari awal gue bilang, se dibantai gimana pun disana gue ikhlas. Jadi seberat apapun berasa asik aja. Banyak banget pengalaman yang gue dapetin di sana. Banyak banget hal-hal yang pasti sebelumnya gue mikir ga mungkin gue bisa ngelakuin itu jadi mungkin. Contohnya, gue nyobain belajar outbound-outbound yang menurut gue mengerikan :
1. Mountainering
2. Rayapan tali 2
3. Titian Tali 1
4. Jaring Pendaratan
5. Lempika
6. Flying Fox
7. Survive (Bertahan hidup di alam), disini prakteknya kita makan daging ular. Tapi gue ga makan sih, jadi ga tau rasanya. :D )
Gue ga percaya gue bisa ngelewatin itu.Meskipun pas di mountainering gue gagal, hihi ga bisa jalan di tembok model begitu 90 derajat. Yang ada gue ngegantung di tengah-tengah. Tapi overall semuanya berkesan. Kalo bukan disini, gue ga bakal mau nyobain yang begituan.
Beberapa hari sebelum hari terakhir, kita ke situ lembang. Itu tuh tempat latihan para Komando (TNI AD), dan ga sedikit yang meninggal latihan disana. Cadas banget kan?? Ngeri. Dan satu hal, dingin PARAH. Pertama dateng turun dari truk, kita langsung diceburin, katanya sih semacam ritual wajib gitu buat yang mau latihan disitu. Dingin gila, dan saya cuma bisa nerimo legowo. Hihi. Btw, terus ada jurit malem gitu di hutan nya situ lembang. Jalan sendiri-sendiri, ada kuburan juga, rintangan yang dilewatinnya semua yang diatas tadi, tapi ini lebih di alam nya. Seru sih, meskipun jalannya gue kaya dikejar setan gara-gara pengen nemu orang di depan gue. Hihihi. Bukan gara-gara gue ingin yang terdepan, tapi gara-gara gue agak-agak takut gitu deh. *AGAK SANGAT TAKUT.
Intinya, banyak banget yang gue dapet disini. Dan, gue sangat sangat kagum sama orang-orang yang mau jadi TENTARA. Kalo gue, ini pikiran gue yang bener-bener apatis dan ga mau susah. Gue sih mau nya urusin aja urusan gue sendiri, hidup gue aja masih acak-acakan, kenapa harus ngurusin hal yang lebih gede. Dan dengan resiko yang gede pula mereka harus berkorban. Sumpah salut. Apalagi sama cewe-cewe yang mau jadi tentara itu.
Lanjut dari Batujajar, kita ke JAkarta buat pengenalan perusahaan. 4 Hari disitu nginep di cengkareng dengan masih diawasin tentara. Masih belum tenang hidup kita disitu. Hihi. Abis 4 hari, baru dipencar-pencar sesuai bidang. Gue kebetulan ngambil TPD (Pengolahan Data), tempatnya di Semarang. Ampe tanggal 20 disini. Hmm disini enak sih, sekamar berdua, tapi enak lah tempatnya, makananya juga udah manusiawi. Hahaha. Gue sekamar sama Atika, biasa dipanggil Tika, anaknya sumpah jail dan bawel banget (hahaha tikaaaaa baca blog gue, dan lu ga bisa marah, karna kita sekarang udah ga sekamar lagi. hihihi. will be miss u). Di semarang sini tiap hari minggu kita bebas keluar. Waktu itu gue ke Lawang sewu, pantai Marina sama mesjid agung semarang. Btw, Lawang sewu emang ngeri asli, gue baru tau tu tempat bekas kantor Kereta Api. Dan waktu kemaren gue kesana lagi di renov gitu, kata si tourguide nya sih mu dijadiin kantor KA lagi. Hmmmmm yakin ada yang mau ngantor disana??? :D :D
Btw, malem minggu kemaren diumumin tempat OJT. Dan aktifitas jantung gue mendadak hiper. Gue ternyata belum sanggup nerima kalo harus ditempatin jauh dari Tasik, apalagi kalo harus ke luar jawa. Ga sanggup. Bohong kalo dulu gue bilang mau mau aja dimanapun gue ditempatin. :D. Dan dan dan, gue dapet di Indramayu. :D :D Senangggggggggg.. Dan tebak??? Kantornya pembangkitan indramayu adanya di Jakarta. Hahaha yess gue balik ke Jakarta. Emang kadang yang kita ga mau justru jadi apa yg kita dapet. Tapi tetep alhamdulillah.. Terimakasih ya allah. :* Mudah-mudahan semuanya tetap dilancarkan. Amin. :D
3 tahun di bandung, ampir 2 tahun di jakarta, n next, kembali Jakarta. Untuk berapa taun?? Hihi ga tau, yang jelas berharap Tasik tetep kota tercinta gue. Dan berharap masa tua disana. :D :D
--------------------------------------Update on 19/09/2010---------------------------------------
Baru sempet nge-update, teman-teman ternyata gue ditempatin di indramayu. Di Pembangkitan indramayu :
- Dengan kostan yang merupakan ruang tamu yang dipaksain jadi kosan
- Dengan listrik yang sering padam kalo abis magrib (ironis banget yah, deket sama pembangkitan tapi malah mati lampu aja :D)
- Dengan kapasitas listrik yang cuma berapa sehingga mengakibatkan saya ga bawa tv sehingga benar-benar membuat gue menjadi orang yang ga up2date -> masa yah, waktu terakhir gue ketemu temen-temen gue da belanja, terus liat uang 10rebu baru, gue ampe mu nyangkain kalo tu duit kena luntur hadeuh parah (pedahal emang kalopun bawa tv, sinyal nya parah)
- Dan situasi kampung yang ga ada angkot dan ga ada yang jual makan selain mie ayam, nasi kuning, kupat tahu. Jadi kalo mu beli makan yang agak enak harus naek elf
- Dan dengan keluhan-keluhan lain yang tidak bisa saya ungkapkan.
kamu angkatan 21 ya, aku angkatan 20 jurusan TPD juga, cerita kamu sama persis yang aku rasakan disana...:) sekarang aku ojt di aceh alias pulang kampung lagi hehehe
BalasHapusoo enak dong balik kampung... eh gimana IT disana? aq ternyata dapetnya di Indramayu.. disini IT nya cuma berdua, itu juga yg satunya masih OJT angkatan 20 juga, anak SI, mba sephia.. kenal ga?
BalasHapusterima kasih telah berbagi cerita sis...saya sebentar lagi merasakan apa yg sis rasakan :D
BalasHapusJadi Ngeri Pas baca yg awal2....
BalasHapuscz minggu depan mo k batu jajar..
tp semoga bisa kyk Frita d tmpatin d tempat yg gk jauh2 bgt dari kmpng halamanQ :)
iya didoain mudah2an dapet yang deket yah.. aminn. :D
BalasHapussemangatt... kita berasa kaya robot aja nanti pas di kopasus, ga usah dimasukin hatim jalanin aja. Aq juga saking kaya robotnya, pas sekarang temen2 ngomongin cerita pas d kopasus, aq cuma bisa bengong dan bilang "yang mana yah?" :D :D
zakky :
BalasHapusangkatan 21 yah kompi apa nih ????
kompi E... angkatan 21 jg?
BalasHapushi...lam kenal y..
BalasHapusmksh info ny..
q angkatan 24..n baru mau ke batujajar..hmhmh
sipo.. selamat datang di pembantaian.. hehehe becanda.. :D
BalasHapusallo mba fitria.....
BalasHapusbaru skr buka blog mba lagi...
waktu itu aku baru mau k batujajar,, skr gk krasa udah mo ujian TS..
Bisa bagi ceritanya ttg TSnya gk?
Wktu itu judulnya apa?
aku OJT angkatan 23 penempatan AP2B Sistem Minahasa...tgl 7 feb nanti mo ujian TS... mohon doa dan infonya y mba... :)
thx b4
wah gitu ya.. disini juga ada angkatan 23.. emang bidang apa?
BalasHapusaku TS nya bikin aplikasi pengarsipan dokumen.. pas presentasi ga se-mengerikan yg dibayangkan koq.. klo kita nguasain ma santai aja.. :D anggep aja kita mau ngejelasin apa yg mereka ga tau.. hihi
btw sukses yah..
mksh ya....
BalasHapusaku jurusan TPE tapi dapat penempatan OJT d AP2B
mba dmn emg? dst ada ank angk. 23 juga?
namanya syp?
aku di Indramayu.. PLTU nya indramayu..
BalasHapusiya ada anak 23 namanya april.. jurusan kimia gitu.. kali aja kenal.. :D
junior 24 ijin komen! PE EL EN
BalasHapustpe-18 pdg eru
wah,,wah,,kayaknya bakal ngalamin hal yang sama nih,,jadi ngeri,,
BalasHapuswah,,wah,, kayaknya gw bakal ngalamin hal yg sma nih, ngeri juga jadinya
BalasHapusmbak, dulu dpt referensi bikin TS ntu dr mn?
BalasHapushehe :D
salam kk dari pln angkatan 28....
BalasHapus^_^
angkatan 29 merapat
BalasHapuslumayan ngeri nie kayanya
:)
angkatan 29 juga akan merapat di H-6 ini :D nampaknya seru...
BalasHapuswah, salam kenal mbak. saya jg TPD dari angkatan 29. n skrng masih pembidangan di bogor...
BalasHapusWah,,,, ternyata skr dah sampe angktan 29 y....
BalasHapusSemangat2.. :)
wahh.. udah ampe angkatan 29 yah.. semangat yahh.. :D
BalasHapusskrng udah ada angkatan 30, ane angkatan 29, 9mei 2012 nanti selesai ojt,, amien,,
BalasHapusplnnn
SEMANGAT PAGIII!!!!
BalasHapussalam kenal mbak...
angkatan 31 sedang OJT.mohon bimbingannya mbak n mas hehe...
peeleeeennnn....