Jumat, 19 November 2010

Upload File di PowerBuilder

PB.. ini bukan point blank ato bahkan pisual basic *ala P sunda. PB yang mau gue bahas sekarang ini yaitu PowerBuilder. Bahasa pemrograman yang gue pake buat gue bikin TS. Kenapa gue pilih bahasa ini? Ada beberapa point sih alesannya hihi :
  • Di kantor gue yang dulu pernah otak atik source code pake bahasa ini jadi agak ngerti gimana buat bahasa dan alurnya.
  • Temen gue masih ada yang pake bahasa ini, lumayan buat gue yang masih buta sama ni bahasa bisa nanya-nanya kalo ada yang ga ngerti. Hehehe.
Ceritanya gue bikin aplikasi buat nyimpen file ke database MS. SQL Server. Disini gue dapet masalah yang temen gue pun ga tau solusinya. Pernah nyimpen tipe data blob ke sql server??? Ga bisa loh lebih dari 32kb. Aneh kan? Udah browsing kesana kemari ga nemu juga, udah putus asa aja pokonya ga pa2 deh nanti pas demo aplikasi mu pake file yang lebih kecil dari 32kb hehehe.
Tapi di antara keputusasaan itu, gue iseng-iseng lagi browsing dan jreng keajaiban pun datang. Hahaha. Tiba-tiba aja ada cuplikan artikel yang bilang solusinya cukup update file "pbodb100.ini" abis itu di comment aja baris code di bagian MS. SQL Server :
PBMaxBlobSize='32767'
Udah deh beres jadi bisa nyimpen lebih dari 32kb. Tenang lah sudah hati ini. :D Tapi tapi tapi ternyata gue iseng test aplikasi lagi nyimpennya ga bisa lebih dari 400kb. Haduh asli pusing gue ampe sekarang ga nemu solusinya *danemangganyarijugasih. Hehehehe. Gue udah putus asa dengan metode save ke database, gue mu pake logic lain aja, jadinya sistem uploadnya itu si file di convert dulu ke tipe data blob abis itu di server di convert lagi jadi file. Dan simpen di salah satu folder di server. Gampang dan bisa berpuluh-puluh mega. Hahaha.

Mudah-mudahan cukup membantu buat yang punya masalah sama. Kalo mau contoh source buat simpen di server dan ngebalikiinnya lagi pm aja. Okay. :)

3 komentar:

  1. mau dong simpan file di server nya.... pls

    BalasHapus
  2. gan, ane mw simpen filenya ke server gimana ya, kan ada ip addressnya tuh..

    BalasHapus