Selamat sore Kamis. Ehem.
Berapa bulan gw ga bercengkrama disini, bukan gara-gara so sibuk atau sibuk beneran, gw sering koq sekali-kali mencoba bercengkrama, cuma tetiba buntu aja mau nulis apa.
Sekarang lagi pengen aja cerita. Tahun ini ngebolang ke Pulau Derawan gw tiba-tiba tercapai *dancing*.Terimakasih buat yang udah setuju ngemployee gathering kesana.
Derawan itu kepulauan di daerah Kalimantan Timur. Gw tau ini gegara sering banget liat di tipi, di twit, di detik, di kompas, di fesbuk, pastinya sama foto-fotonya yang tampak memukau. Berapa kali gw pernah ajakin temen-temen buat main kesana. Excited sih excited, tapi langsung pudar gitu gegara transport kesana yang tampak repot. Makanya pas kemaren ni kantor ada niat buat acara gathering, langsung aja gw usulin kesana. Dan jreng.. 29 Maret 2013 ini kita ada di Derawan.
Preparasi
Pertama-tama kita searching dulu tour yang buat ngurusin kita disana dan yang intinya itu mastiin penginapan untuk 3H2N karena kita kesana itu pas long weekend dan agak susah cari penginapan. 3 minggu sebelum keberangkatan barulah kita dipastikan dapet nginep disana itu juga gara-gara ada yang tiba-tiba ngebatalin di penginapan itu, maklum bawa rombongan 23 orang kesana jadi agak-agak repot nyariin tempat yang langsung banyak.
Penginapan disana kaya rumah-rumah terapung gitu, enak deh, malem-malem bisa nongkrong di balkon meratapi hidup, apalagi yang hidupnya terjebak di ruang nostalgia *apasih. :D Btw, selain penginapan terapung gitu ada juga yang di homestay rumah penduduk gitu, masuk ke dalem pulaunya. View nya untuk yang homestay ga terlalu recomended sih menurut gw. Untuk harga sama aja, kemarin itu gw jatuhnya di sekitar 1,5jt per pax.
Next, kita cari tiket pesawat. Searching Jakarta-Berau mahal bo tiketnya, pp ga dapet 3 jt waktu itu, efek long weekend kali yah. Akhirnya kita cari alternatif lain, Jakarta-Tarakan. Yang ini harganya lebih manusiawi, hehe sekitar 2jt kita udah dapet buat pp. Tanya kenapa?
- Jakarta - Tarakan. Mungkin murah karena untuk ke Pulau Derawannya kita masih harus melayang-layang di lautan selama 3 jam. Nge-speedboat kita. Tapi ga berasa koq, mungkin karna banyakan kali yah bebannya cukup berat jadi naik turunnya pas nerjang ombak ga terlalu berasa. Tapi emang ombaknya juga ga terlalu gede.
- Jakarta - Berau. Dari Berau untuk ke Derawan ini kurang lebih 1 jam naik speed boat, jauh lebih cepet. Makanya harga pesawatnya lebih mahal karena lebih banyak diincer. Mungkin.
Eh btw, tadi harga 1,5jt per pax itu harga tour nya. Yang artinya itu udah termasuk harga penginapan, antar jemput ke bandara, beberapa kali makan dan keliling ke 3 pulau andalan nya kepulauan Derawan (Kakaban, Maratua dan Sangalaki). Lumayan lah.
Sampai disana.. jeng jeng..
Derawan.
Bagus sih, hmm.. bagus koq. Bagus. Bening banget airnya, terus pagi-pagi ada pelangi di langitnya. Keren deh. Malem2 di pantainya ada penyu lagi JJM, jalan-jalan malem cuy. Dan gw baru tau ternyata di Pulau derawan nya itu hanya buat semacam tempat transit doang tempat menginap sebelum besoknya seharian snorkling itu di 3 pulau tadi.
Pertama, Sangalaki.
Ini pulau banyak batu karangnya. Speedboat kita parkir agak jauh dari pulau karena pas lagi surut, jadi kita jalan kaki dari speedboat ke pulau, lumayan jauh jalan di laut surut nya, dan mendingan bawa sendal jepit buat jalan, karena kalau pas lagi zonk bisa kena karang yang cukup tajem pas jalan. Di pulau ini kita harusnya liat konservasi penyu, cuma karena kemaren penyunya lagi males kali ketemu kita jadi kita cuma leyeh-leyeh di pulau itu.
Dan disitu ada cottage-cottage juga, cuma sepi banget ga kaya di Derawan. Pas gw tanya penduduk setempat Derawan, kenapa Sangalaki Kakaban dan Maratua ga ada penghuninya? Karena ga ada air tawar. Itu kenapa alesannya Derawan dijadiin tempat transit ke 3 pulau itu.
Disini kita bisa liat ikan pari juga kalau pas lautnya lagi pasang. KATANYA. Udah segitu aja.
Dan terakhir, kita bisa snorkling juga. Lumayan bagus sih, tapi monoton. Pemandangan bawah lautnya ga sebagus di Kakaban.
Kedua, Maratua.
Disini, biasa aja menurut gw. Udah, sekian.
Ketiga, Kakaban.
Disini itu pulau yang ada danau air laut purba nya, itu loh yang ada ubur-ubur yang udah kehilangan kesaktiannya *kaga bisa nyengat lagi. :D Megang ubur-uburnya bikin geli-geli gimana gitu. Hihi kaya gel. Pulau ini itu beneran deh, beneran bukan buat hunian, ga ada air tawar dan isi nya itu kaya pohon-pohon lembab gitu, mirip mangrove tapi bukan sih. Pokonya susah deh buat dihuni. Perjalanan ke danau nya itu kita udah disediain access road dari kayu gitu, jadinya semacam jembatan.
Penuh banget deh waktu di kakaban itu, pedahal tempat buat nongkrong di tepi danaunya itu kecil banget. Harusnya sih menurut gw ada pembatasan pengunjung buat masuk ke danau nya.
Yang paling berkesan dari Pulau Kakaban ini adalah pas snorkling di lautnya, keren banget banget banget karang-karangnya. Ikan nya lucu-lucu. Subhanalloh deh. Aku juga nemu patrick disana. Terus ada kaya bintang ular warna biru cerah gitu. Asli keren banget.
Agak ketengah dikit ada palung laut yang kalo diving sekitar 15meter an itu bakalan ketemu goa bawah laut yang ternyata nyambung sama danau ditengah pulau tadi. Itu kenapa airnya berasa air asin.
Sekian info Derawan. Overall puas lah main kesana. Sayang ga ada yang bawa camera underwater. Pedahal intinya kan disana itu keindahan bawah lautnya.
Oh iya, di Tarakan pas baru sampe di bandara kita sempet main juga ke Konservasi Mangrove dan Bekantan. Hmm lumayan lah ngisi waktu buat nunggu jadwal speedboat jam 12 siang.
♥
Tidak ada komentar:
Posting Komentar