Hai!
Call me mommy fariel. :D
Iya nama anak saya, Muhammad Fariel Alveiyolla. Artinya? Sang pemberani yang menjadi nafasku. Ini nama injury time banget munculnya. Cuma itungan hari sebelum lahir. Yang uda direncanain jauh-jauh malah ngedadak ga kepake. :D Manusia! hanya bisa merencanakan.
Jadi, 01 Mei 2014 fix gw punya gelar baru, mommy fariel. Pas barengan banget sama mayday yah by the way. Ga pa-pa lah, artinya gw in sha allah akan selalu ada di hari dia bertambah tahun, karena itu hari libur. Aamiin.
------30 April 2014
Saya, suami, dan ibu mertua mengunjungi SpOG saya di Hermina Pandanaran Semarang buat minta ngelahirin hari ini. Iya ini sebenernya permintaan sang ibu, karena beliau ada acara di awal bulan Mei. Yep, jadi kali ini gw dateng ke dokter bukan sekedar konsul, tapi emang minta ngelahirin. -_-
Saat itu umur kandungan saya emang udah lebih dari HPL (25 April 2014), jadi udah sekitar 41 minggu. Dokter yang tiba-tiba ditodong buat ngelahiring bengong dong. Trus dy langsung periksa keadaan janin tercinta. Dy bahkan belum masuk panggul, tapi katanya posisi udah pas buat masuk. Jadi disitu gw ditawarin buat lahiran caesar atau coba buat induksi.
Ibu-ibu tau apa artinya induksi? secara awam saya jelasin, jadi seolah badan kita, rahim kita yang bahkan belum ada tanda-tanda lahiran dipaksa buat meregang buat ngeluarin janin tersayang. Dipaksa. Dimana-mana yang namanya dipaksa itu rasanya akan lebih dari yang beneran emang udah waktu nya rahim itu meregang. Dan ga ada sama sekali temen-temen saya yang udah senior yang merekomendasikan buat induksi. Emak gw sekalipun.
Berbekal ilmu awam yang saya punya itu, saya dilema. Antara pengen coba normal tapi ga yakin sama posisi bayi nya juga yang seminggu sebelum ini status posisinya masih serong.
And then, gw induksi. Langsung masuk kamar persalinan. Dikasih kapsul sampe 2 kali. Dan sampe magrib pun belum ada tanda-tanda pembukaan, bahkan saya masih cengengesan. Ditanya suster berkali-kali, "udah mules?", "belum". :D
Habis magrib, sama suami coba jalan-jalan ke simpang lima, jalan kaki menikmati malam sebelum lahiran dg harapan kali aja tetiba udah masuk panggul.
Jam 9:00 malem balik lagi ke kamar. Ketemu suster yang katanya udah konsul sama dokter Widi *dokter SpOG saya, dan, saya langsung dikasih infusan. Induksi lewat infusan ini katanya untuk mempercepat bukaan.
22:00 perut mulai berasa mules-mules.
23:00 mules yang udah bikin nangis
--------
01 Mei 2014
00:00 bukaan 1
01:00 makin nangis (suami sebelah saya bobo nyenyak)
02:00 ngencengin nangis, berharap suami bangun
03:00 makin mules. makin ga berenti nangis, selain karna sakit, juga karna gw bener-bener merasa malu sama mama tercinta. Gini banget yah rasanya ngelahirin. :')
04:00 ketuban pecah dan gw muntah, oiya dari malem gw belom makan karna keburu mules dan udah ga berhasrat makan. Suami panik, saya panik minta panggilin suster, dy bolak-balik panik di kamar persalinan. :))
05:00 teriak-teriak minta dokter buat caesar aja
06:00 masih teriak-teriak nangis. disitu suami beserta suster boongin saya. katanya dokter lagi jalan mau kesini tapi ga dateng-dateng. :'(
07:00 ibu mertua sama ade ipar saya dateng
08:00 bukaan 7/8 entahlah saya lupa. yang jelas itu sakit banget banget banget. saya ga berhenti megangin erat tangan ibu mertua saya.
09:00 bukaan 9 udah mulai berasa harus ngeden tapi disuruh nahan sama suster-suster. GIMANA SAYA BISA NAHAN. ya allah saya cinta ibu saya.
10:00 Dan alhamdulillah dokter dateng. gw masih disuruh nahan ngeden. -_- Oh btw, ngeden sebelum waktunya akan mengakibatkan vagina nya bengkak bu ibu. jadi mempersempit jalan keluar bayi.
11:00 bukaan 10. gw mulai persalinan, mulai disuruh ngeden. Berulang-ulang. tapi tak kunjung melahirkan. karena vagina yang udah terlanjur bengkak. Dan kepala bayi yang belum juga pas di panggul.
Akhirnya, dokter manggil suami buat pilih opsi caesar atau di vakum. Saat itu gw yang udah lemes langsung ngucapin caesar berkali-kali sampai akhirnya suami nandatanganin form operasi. Karena gw udah baca beberapa referensi tentang vakum yang agak-agak membuat saya ga berani untuk mencoba. Dan dokter nya juga lebih refer ke caesar karena vakum resiko ke bayi dan saya nya juga.
Oiya, di ruang persalinan normal tadi gw cuma ditemenenin ibu mertua. bukan suami. Ini kronologisnya.
*beberapa detik sebelum dokter dateng buat prosesi lahiran*
Ibu : (ngomong ke suami) kamu temenin disini..
Suami : iya mau. tapi temenin.
And then,
Ibu : Kamu mau ditemenin siapa? ibu, mas fanny, femmy atau bapa?
Me : Ibu. *Iya itu gw yang minta. Karena gw butuh sosok ibu. Dan kasian juga liat suami yang nemenin semaleman dan malah panikan :))*
Jadi, siang itu cm ditemenin ibu. Meskipun suami, femmy dan bapak juga nongol2 dikit dari gorden di kamar persalinan. :')
*beberapa detik sebelum dokter dateng buat prosesi lahiran*
Ibu : (ngomong ke suami) kamu temenin disini..
Suami : iya mau. tapi temenin.
And then,
Ibu : Kamu mau ditemenin siapa? ibu, mas fanny, femmy atau bapa?
Me : Ibu. *Iya itu gw yang minta. Karena gw butuh sosok ibu. Dan kasian juga liat suami yang nemenin semaleman dan malah panikan :))*
Jadi, siang itu cm ditemenin ibu. Meskipun suami, femmy dan bapak juga nongol2 dikit dari gorden di kamar persalinan. :')
11:30 masuk ruang operasi, dengan dokter dan suster yang lari-lari. karena air ketuban mulai kering. gw dibius lokal tapi juga pake penenang jadi gw langsung bobo ga inget apa-apa. Kenapa dikasih penenang? karna gw masih shock dalam proses induksi tadi.
12:10 Muhammad Fariel Alveiyolla.
Saya nangis pas suster gendong fariel yang rambutnya masih berdarah-darah. Alhamdulillah Engkau mengkaruniakan hamba anak yang sempurna. Alhamdulillah.
Sekarang, anak saya udah 3,5 bulan. Udah sering banget ngoceh, dan udah miring-miring menuju tengkurep. :D
Dan buat calon mahmud mamah muda yang lagi menanti kelahirannya, jangan pernah takut mencoba untuk lahiran normal, karena disitu kita bisa bener-bener sadar akan betapa berharganya ibu kita. Sedih. Terharu. Dan, sesakit-sakitnya proses lahiran itu, akan segera ilang pas kita liat anak kita nangis dan melihat dunia.
Makasih mah meskipun ga bisa nemenin saya lahiran, tapi makasih udah nemenin saya sampai saat ini (and still counting), makasih udah mengajarkan arti hidup, makasih udah membuat saya menjadi saya. Saya udah jadi mamah mah. :') dan mamah sekarang punya cucu. In sha allah akan saya didik jadi anak yang soleh dan banggain orang tua. Aamiin.
Makasih suami. I Love U.
Makasih ibu mertua, maaf udah bikin tangannya bengkak-bengkak kelamaan digenggem saya. :D
Makasih semuanya. Semuanya.
Love u.
♥

BalasHapusHihihi begitu bgt ya mba rasanya melahirkan...sy dl 17 jam smp si baby lahir, bukaannya lambat bgt. Adik sy jg br saja melahirkan, kondisinya persis spt mba, bukaan lengkap tp kepala blm turun, tp dokternya sabar ga langsung ksh opsi cesar, walopun akhirnya hrs diepis utk gedein jalan lahir, krn mau dikeluarin sm dokter, tp bukan vakum mba, apa yaa kata suaminya kyk penjepit gt..
oo gitu.. wah lumayan itu kayanya rasanya :D
BalasHapusyg penting sehat dan selamat ya mbaaa :D