Senin, 19 Oktober 2009

GIGI... oh GIGI...

GIGI itu penting teman teman.

Ini bukan tentang band gigi karna saya bukan gigi holic, meskipun tetep suka lagu2 gigi tapi da keukeuh saya ma buka gigi holic, jadi ga mungkin nulisin satu artikel khusus tentang GIGI di blog saya. Hahahaha ni tulisan awalnya aja udah ga bermutu begini. Tenang, baca lebih lanjut bakalan lumayan berarti koq... *buat gue hihiihi.

Begini, cerita awalnya, gue emang bermasalah sama anggota tubuh yang satu ini. Dari kecil pasti aja paling sering sakit gigi (selain flu, batuk, demam, dan ketelen jarum pentul, perasaan alhamdulillah belum pernah sakit yang lain lagi). Jadi, tiap sikat gigi, suka berdarah. Terus gigi geraham gue yang kanan atas pun berlubang sudah, jadi aja ga pernah di pake makan.

Nah, dari situ ternyata akar masalahnya, jadilah di deretan gigi gue yg kanan ditumbuhi karang gigi. Beberapa bulan kemaren dah sempet dibersihin, tapi udah ada lagi. Kemaren hari sabtu, gue inisiatif dateng lagi ke dokter gigi buat bersihin karang gigi lagi. Tapi si dokternya ga mau. Katanya gigi gue udah parah banget, kalo dibersihin sekarang bakalan banyak banget keluar darah. Di gusinya dah muncul polip (semacam daging jadi2an.. :D). Aneh juga, gue sih emang ga ngerti dan ga tau banyak istilah kedokteran, cuma yang gue inget, bukannya polip itu adanya di idung ya?? hihihi si dokter salah nyebut istilah kali ya. Hehehe.

Ya jadi pada intinya, si dokter ngusulin gue benerin dulu akar masalahnya kenapa muncul karang gigi dan kenapa gigi gue sering sakit (tepatnya gusi gue sering bengkak jadi bikin gigi sakit). Jadi kemaren si gigi cuma dikasih obat buat dimakan 3 hari sebelum... sebelum apa yah, sebelum segimana si dokter deh hari sabtu. Jadi hari sabtu ini gue mudik lagi ke Tasik buat ngurusin itu. :D

Gara-gara hal itu, gue jadi penasaran tentang GIGI. Nanya sama si om, gue dapet beberapa referensi blog tentang gigi, contohnya ini : http://kesehatangigi.blogspot.com. Disitu dijelasin, kalo kata s dokter karang gigi itu muncul gara-gara si gigi jarang dipake buat ngunyah makanan, disini bilangnya saliva ato ludah yang bersifat basa itu juga salah satu pemicu munculnya karang gigi. Cara ngatasinnya pilih-pilih pasta gigi yang cocok.

Yang gue bingung, gimana kita tau ludah kita bersifat asam ato basa?? Masa harus mendadak ke laboratorium SMA buat minta kertas asam basa (yang dulu suka dipake nge-tes ramuan kimia).

Gue : Bu minta kertas asam basa lah... buat ngetes ludah nih (sambil ngeluarin ludah ke gelas kimia yang dipegang si ibu)..

Hahahha bisa ditabok gue, dan si guru SMA gue pun pasti menyesal tujuh turunan udah ngelulusin murid ga sopan kaya gue. Hahahha. Sudahlah hentikan lelucon ga lucu ini. Btw, gue jadi inget kata situs tadi, kan kalo bersifat basa nyebabin karang gigi, kalo bersifat asam nyebabin gigi berlubang ato karies. Nah loh??? Sedangkan disini gigi gue berlubang dan ada karang giginya juga, bersifat apakah ludahnya?? Netral gitu??? Hohohoho entahlah.

Oo iya satu hal mengerikan yang gue baca tentang gigi dan mulut, bakteri2 disini bisa banget menyebabkan penyakit kaya jantung, kanker, struk dan lain2. Tau pelawak lesus?? Gue juga lupa-lupa inget mukanya, yang jelas suka bareng sama si Topan. Jangan tanya topan itu yang mana, gue juga lupa lagi masalahnya. Hehehe. Ya intinya, si Lesus ini meninggal gara2 penyakit di gigi, jadi dia kena kanker otak yang dipicu infeksi gigi. Parah banget ya ampe bisa kena kanker segala.

Haduh gue jadi takut, masalahnya, penyakit gusi gue ini kayanya bener-bener parah. Udah sering bengkak bernanah gitu, kata di site tadi sih nama penyakitnya gingivitis. Dan yang gue sadar, tiap kali sikat gigi dan gigi gue berdarah itu ya bukan giginya sebenernya, tapi gusinya. Dan satu lagi, gusi gue sering bengkak. :(( Asli, sejujurnya gue takut. Bingung digimanain dong kalo tampaknya dah parah gini. Haruskah meriksain otak dan organ tubuh laen buat mengecek udah kena penyakit bahaya ato belum (benar-benar berharap engga).

Ok lah, mungkin gue udah terlanjur parah. Tapi buat kalian, tolong rawat dan jaga gigi kalian baik-baik, itu titipan tuhan. Loh?? :D emang bener koq titipan Tuhan kan.. hehehe. Jadi, jaga makanannya, jangan terlalu makan yang pedes-pedes, panas-panas, dingin-dingin, makan yang netral-netral aja. Terus sering sikat gigi juga. Dan inget, ngunyah makanannya harus adil, pake gigi kiri dan kanan, jangan cuma sebelah. Belum terbiasa?? Biasain. Giginya sakit?? Obatin dulu, kalo dah sembuh, baru biasain.

Kesimpulannya, GIGI itu bener-bener berarti. Semua hal juga akan berasa berarti kalo kita udah ngerasa kehilangan ato ngerasa sakit karna hal itu. Jadi jangan remehin organ sekecil gigi.
:) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar