Kamis, 24 September 2009

Sedikit Tentang Subang Kuningan

Sebelumnya gue mu ngucapin mohon maap lahir batin buat semuanya yang baca ni tulisan. Bener-bener ga kerasa dah setaun lagi. Baru juga taun kemaren saat gue keterima kerja di Bukopin, saat gue pertama kalinya ketemu sama si sangkeu lagi. Saat gue belajar hidup jadi kos-kosers di kota metropolitan, dan banyak saat2 lain yang berawal dari lebaran taun kemaren. Setaun ini bener2 banyak banget nikmat yang diberikan Tuhan buat gue. Makasih ya allah. :)

Ngomong-ngomong tentang lebaran, tiap taun keluarga gue suka mudik ke Kuningan, kampung nya bapa gue. Dan kalo pulang kampung kesini tuh bener2 pulang kampung, “Kampung”. Gue inget saat gue masih SMA, di Kuningan sini tuh bener2 ga ada sinyal. Kampung bapa gue emang kuningan nyungseb, negeri antah berantah, yang kalo di film tuh kaya film dinosaurus apa sih nama judulnya tuh “The lost world” kalo ga salah. Jadi bener2 ga bisa contact2an sama orang laen. Kalo mau telepon tuh harus naek gunung dulu, itupun masih harus jinjit2 terus ngacung2in tangan cari sinyal, dan kalo beruntung bakalan dapet satu baris sinyal. Parah abis lah pokonya.

Makanya gue paling males kalo disuruh mudik kesana. Apalagi jaman gue masih muda a.k.a pas SMA ato SMP lah, kalo mudik tuh perginya seminggu sebelum lebaran dan baru balik lagi seminggu abis lebaran. Kacaw kan harus diem 2 minggu di kota yang ga ada sinyal kaya gitu, dan catet ya, GA ADA MALL ato TEMPAT MAEN sama sekali. Bener2 pedesaan nomor satu lah. Kalo dah kaya gitu, kerjaan gue disana Cuma hulang huleng bengong ga ada kerjaan. Soalnya TV pun rumeuk, semut semua isinya. Huffttt. Kalo ngebantah ga akan ikut, bisa2 gue dipecat jadi anaknya bapa ardi. Huehehhe.

Eh tapi ga semua hal menyebalkan di kuningan sana. Kalo diliat dari sisi lain ni tempat lumayan enak koq buat nyegerin otak. Dulu, kita suka maen2 ke sungai gitu, sungai nya masih jernih, enak lah pokonya. Terus kalo ga males buat jalan mendaki gunung lewati lembah, ada sumber aer panas juga, ga ngerti ni sumbernya dari mana, pedahal kalo ga salah di deket situ ga ada gunung berapi. Ada sih ciremay, tapi jauh dari tempat nenek gue. Bodo lah itu dari mana asalnya, tapi aer panasnya dijamin sehat koq, ga diragukan keasliannya. Hihihi. Selaen itu, jalan menuju kampung nenek gue itu bener2 hutan, apalagi perkampungan, jarak satu perkampungan ke perkampungan laen tuh harus nempuh beberapa kilometer. Makanya orang2 yang kesana tuh suka pada ga berani kalo malem2 apalagi malem jumat. Gelap gulita.

Tapi kalo siang, pemandangan nya lumayan, banyak sawah2 yang berundak-undak, kan keren tuh kalo di foto. Tapi ya itu tadi, jalannya kaya ular yang meliak-liuk centil ga puguh. Kalo yang belum pernah kesana, orang dewasa sekalipun pasti bakalan muntah deh. Hahaha. Asli. Dulu kan suka ngajak sodara dari ibu gue kesana, dan tiap kali udah diajak sekali kesana, pasti ga mau mau lagi. Jalannya menggila. Eh tapi kalo musim lebaran tiba, jangan salah, jalannya kan kecil, dan itu pasti penuhh sama mobil2 ber-letter B. Iya, orang-orang Subang Kuningan ini tuh emang rata2 perantau semua. Jadi pas musim mudik tuh kampung ini bakalan mendadak penuh. Buat mobil lewat aja bakalan susah.

OK. Itu dulu. Semua yang gue ceritain tentang keadaan Subang kaya gitu itu pas jaman dulu, beberapa taun kebelakang, ok mungkin tepatnya 4 ato 5 ato 6 taun kebelakang.


Sekarang??? Hmmmm… lebih buruk. Buat beberapa hal emang tampak lebih maju, tapi maju nya ini tu jadi bikin Subang ga berkesan lagi. Ga unik. Jadi biasa aja.

Subang sekarang,
  1. Sinyal penuh.
  2. Sungai nya udah kaya sungai2 di perkotaan yang sama sekali ga pantes buat di pake maen2. Yang baunya dah kaya got, yup, mungkin emang dah berubah jadi got.
  3. Untuk jalan yang meliak-liuk itu ga pernah berubah ampe sekarang. 4ever kayanya. Kereta api juga ga mungkin lewat situ. Bener2 hutan belantara.
  4. Semut2 TV dah dikalahin sama sinetron Inayah indosiar. Untuk hal ini gue masih sangat2 mendukung kalo semut2 itu menguasai TV-TV disana. =))
  5. Jalan2 masih penuh sama mobil2 pemudik, tapi berkurang jauh. Mungkin karna orang2 tua yang dulu selalu dikunjunginnya udah ga ada. Termasuk nenek gue. Tapi gue tetep kesana, berkat keukeuh nya bapa gue yang selalu ingin membudayakan tradisi mudik.
  6. Mall ato tempat maen??? Masih belum ada. :D

Over all, sedikit kecewa dengan predikat pedesaan nya Subang yang mulai pudar. Sudah sedikit meng-kota. Lebih tepatnya entah, desa engga, kota pun tidak. :p

1 komentar:

  1. friends, this is my first visit. I hope we can succeed together. Thank you.

    BalasHapus