Pertama kali gue denger bahasa ini pas interview sama salah satu manager di bukopin tahun lalu.
- Manager : "Disini pake bahasa nya elpiji"
*seriuss yang gue denger saat itu emang elpiji. Beuhh udah nyaingin bahan bakar aja ni nama bahasa pemrograman.
- Gue : Oo.. gitu ya..
- Manager : Udah pernah tau??
- Gue : Belum, baru denger.
*untung saat itu gue ga bilang "koq kaya saingannya minyak tanah ya pa??" hahaha bisa mati gaya dan langsung di blacklist gue.
Dan ternyata berkat gue ga bilang klo elpiji itu saingannya minyak tanah gue pun keterima kerja di bukopin ini, ceritanya sebagai programmer. :p Nyatanya?? Mirip2 sih.. Pro Gammer. :)).
Setelah setaun lebih sebulan bergelut dg bahasa ini, akhirnya gue tersentuh, terketuklah pintu hati gue buat nge-review bahasa aneh ini. Hihihi, bahasa bahasa... :)). Sebenernya gue juga bingung mu nge-review apanya, gue masih terhitung new bie. Masih gagap tentang si RPG ini. Coding RPG ini pake AS400 yang default warna layar aplikasinya tuh item dg tulisan ijo2 alien gitu. Jadi klo pas awal-awal (saat belum tau ni screen bisa diubah), ketauan banget klo kita lagi kerja ato engga. Greenscreen gitu loh. Huehehhe.
Klo disini engga, pada sombong, lempeng-lempeng we. Makanya seringnya satu tabel itu banyak banget field nya. Tapi palingan juga disini itu istilahnya ada Physical File sama Logical File. Jadi klo Physical File ini kaya tabel biasa aja. Nah klo logical file ini nginduk ke satu Physical file. Misalkan di Physical file nya dibikin tu tabel ga punya key, tapi di program tiba-tiba ngebutuhin tabel itu dengan key tertentu. Solusinya kita tinggal bikin aja Logical File dari Physical File tersebut, terus definisiin key nya tuh apa aja. Selain pake key, bisa juga ditambahin validasi, misal untuk logical file ini cuma nyimpen data yang berstatus apa.
Terus, bahasa ini juga nge-save per record codingan kita itu dibikinnya tangga berapa. Kan program-program disini tuh suka over-over an, dan siapa aja bisa ngubah. Jadi klo kita ngeliat source suatu program, bisa keliatan tu source di modify nya kapan, misal ada satu baris codingan di modify beda bulan, tanggal ato tahun sm baris lainnya.
Klo masalah bahasa buat ngoding nya ma bisa belajar sendiri lah, enaknya liat contoh program yang udah ada. Jadi ngerti. Disini ada istilah indicator. Indicator tuh beragam macem fungsinya. Misal klo kita baca file, buat ngedeteksi data kita ada ato engga di file tersebut bisa pake indicator. Nilai indicator itu 1 - 99, terserah bisa pilih angka yang mana.
Oo, kan abis bikin program suka suruh bikin dokumentasinya. Di dalem dokumen itu kan biasanya dilampirin source program. Kan klo ngopi langsung dari aplikasi nya susah ni. Buat yang belum tau (pasti dah pada tau sih), ngambil data nya lewat command prompt. Gini nih :
Hmm.. udah segitu aja review nya. Review iseng-iseng ini ma. Dari pada ga ada kerjaan. :D :D Mudah-mudahan bisa agak2 membantu *buat nge-save file seengga nya.. Hihihi..
wah ... saya masih sempoyongan blajar rpgle .. mohon pencerahannya juragan ... :)
BalasHapus--
Ardhita (ardhita.irfan@yahoo.com)
wahh.. kita masih sama2 sempoyongan.. mari cari agan2 lainn aja yu.. :D hehehe
BalasHapus