Senin, 28 Desember 2009

Info Jogja

Jogjaaaaaa

Weekend tanggal 18 kemaren kita para manusia yang haus bersenang-senang pada maen ke Jogja. Sebenernya rencana maen maen ini udah direncanain lama banget. Dari sejak vacation terakhir kita pas ke Pangandaran. Kita ampe bikin thread sendiri tentang Jogja di message fesbuk. Biar kalo mu ada sharing dan diskusi jadi gampang. Biasanya nih ya, kita kalo ngerencanain pergi maen jauh-jauh hari pasti ujung-ujungnya ga akan jadi. Makanya waktu awal-awal ngerencanain liburan ini, kita ampe nentuin harus bayar DP yang nantinya kalo ada yang ga jadi tu duitnya cuma bakalan balik setengahnya. Hahaha.

Dan ternyata emang iya, rencana awal yang mau ikut tuh ampe 12 orang. Cuma makin kesini banyak yang mundur ngedadak, alesannya macem-macem, ada yang males, ada yang ngedadak disuruh dines ke Surabaya, dan ada yang ngedadak ikut tapi ngedadak ga jadi juga karna disuruh lembur. Hihihi. Tragis. Pokonya totalnya yang jadi ikut cuma 8 orang, pas lah sama kapasitas mobil yang tampaknya emang idealnya cuma buat 8 orang. :D

Kita pun cau ke Jogja. Mau buka-bukaan budget ah. Jadi patungan awal kita bayar 200rebu per orang. Pake mobil APV sewa harga temen 900rebu buat 3 hari. Seminggu sebelum pergi kita udah booking hotel karna dapet issue bakalan penuh banget. Referensi hotel nya kita cari di www.yogyes.com, setelah nelpon ampe 5 hotel dan jawabannya penuh semua, akhirnya kita dapet hotel di sekitar daerah Condong Catur. Hotel Kusuma namanya. Per malem tuh harusnya kalo ga salah harganya 178ribu. Cuma dikarenakan lagi long weekend, tu hotel naekin harga jadi 223ribu per kamar per malem. Itu tu buat harga paling murah, deluxe room. Tapi fasilitasnya lumayan koq. Kamar, TV, AC, sarapan, air panas air dingin, sama hotspot area yang cepet banget. :D Lumayan kan?.. Cuma emang sii lokasinya agak jauh kemana-mana. Kalo buat yang ke Jogja nya pake kendaraan umum mending cari hotel yang deket-deket malioboro. Soalnya kalo Hotel Kusuma ini ke Malioboro aja waktu tempuhnya ampe 20 menit (kecepatan cahaya hahaha). Jauh lah pokonya, deket ringroad utara. Tapi kalo ke Prambanan deket, cuma 15 menit.

Waktu pas mau cari Hotel ini kita ampe nyasar-nyasar, kan bilangnya ni hotel di Jl. Wijaya Kusuma, di peta Jogja kita dapetnya Jalan Wijaya Kusuma itu di deket Ringroad Selatan. Jadi ujung ke ujung. Putus asa kita pun nelpon si hotel, dan sadarlah kalo kita nyasar. Berkat bantuan GPS dan guide dari telpon si hotel, kita pun sampe di Hotel Kusuma. Ati-ati plang hotel ini ga terlalu terlihat. Susah carinya. Masuk ke semacam perumahan gitu. Udah masuk pun kita sempet ragu soalnya ga ada plang penunjuk lagi tentang hotel itu.


Berangkat dari Bandung jam 07 pagi nyampe Hotel nyampe 09 malem. Istirahat bentar, abis itu langsung caw ke Malioboro cari makan. Ih seru Malioboro jam 11 - 12 malem. Kosong banget jalannya, cuma penuh sama anak-anak Jogja yang lagi pada nongkrong. Asik deh kayanya, suasananya bikin pengen kesana lagi. Pas diliat sih kayanya mereka selaen buat nongkrong juga dateng nyengajain buat foto-foto. Emang keren sih tempatnya. Dan yang bikin seger, anak-anak Jogja nya lucu-lucu, ganteng euy. Hahaha. Yang biasa aja pun jadi terlihat ganteng, entah karna style cueknya ato karna emang berada diantara makhluk-makhluk lucu lainnya. =))

Kita cari makan di lesehan di sepanjang jalan Malioboro. Sempet kecewa juga sih pas makan disana, makanannya ga beda jauh sama di kota-kota lain, semacam pecel lele gitu. Ada sih gudeg nya. Cuma kebetulan gue ga suka gudeg. Jadi ya pesennya ayam lagi, tapi ayam nya ga enak. Harga nya juga kemahalan. Heran apanya yang bikin mahal. Tempat perasaan biasa banget deh, makanan apalagi. (Perasaan gue kerjaannya cuma ngomentarin aja.. Hahaha. Jiwa kritikus saya tinggi sodara-sodara). Yang jelas di Malioboro gue merasa sangat-sangat merasa kenyang mata. Hahaha. Pulang ke Kosan jam 12 teng dan kami pun langsung tepar. :D


Besoknya pagi-pagi banget berkat wejangan si guide hotel kita disarankan pergi ke Borobudur dulu, sorenya baru Prambanan. Soalnya ke Borobudur lumayan jauh, sejam lebih lah. Pas ke Borobudur kita ga nyasar-nyasar sih, dibantuin gps yang lumayan ngabisin baterai. Gratis sih iya gratis tu GPS, tapi boros baterei nya ampun deh.

Tiket ke Borobudur lumayan ternyata uy. Jadi tiket masuknya itu 22.500. Kalo hari biasa kalo ga salah baca sih belasan ribu gitu. Nyampe Borobudur kan sekitar jam 8an. Tapi cuaca nya udah panas menyengat. Parah banget deh, buat yang sangat sensitif dan peduli sama kulit pasti bakalan ga nyaman lama-lama disana. Bikin gosong. Tapi sih kita cuek aja, abis seru sih foto-fotonya. Huehehe. Pergi dari tu candi sekitar jam 12 an.



Bingung nunggu sore buat ke Prambanan, akhirnya kita mampir di Monumen Jogja Kembali. Tiket masuk sini lupa uy bayarnya berapa, 5ribu gitu ya, tau deh lupa. Disini kita cuma liat apa sih namanya semacam patung orang-orang jaman dulu dalam event-event tertentu. Kita para segerombolan yang punya satu sifat sama sebagai KRITIKUS, merasa dapet mangsa besar pas liat patung-patung Soekarno dan lain-lain. Semua nya jadi ngedadak kreatif nge-dubbing in tanpa text percakapan ni patung-patung. Ngakak deh pokonya.

Di Monumen situ cuma bentar koq ga ampe sejam, langsung pergi cari mesjid sama cari makan. Tadinya kita mau ke Alun-alun Kidul yang ada beringin kembar nya itu. Cuma pas nemu mesjid agung adanya deket Alun-alun utara, dan lagi-lagi realitanya panas banget. Ga tahan di alun-alun, udah jam 3 sore an kita langsung pergi ke Prambanan. Lumayan adem ternyata disana kalo sore-sore. Asik. Bayar Prambanan 18ribu kalo ga salah. Tapi pas di loket itu kita baca ada paket Prambanan - Borobudur cuma 35ribu. Sayangnya kayanya promo ini cuma berlaku kalo kita ke Prambanan dulu baru Borobudur. :p


Emh... flashback baca ni cerita dari awal panjang juga ternyata. Pedahal baru cerita sehari di Jogja. Bosen. Hihihihi. Dipersingkat aja ya, malemnya kita ke Malioboro, eh kemaleman deh kayanya, kita kesana jam 9 kurang dikit, toko-toko yang 'serius' nya udah pada mu tutup. Jadi kesimpulannya kalo mu ke Malioboro dan niat belanja jangan malem-malem. Jam 9 di Jogja udah keitung malem loh kayanya. :D

Finally, I like Jogja, dengan kerapihannya, ketertibannya, keramahannya, kebersihannya, kegantengannya, hahaha, meskipun ga suka dengan panasnya, tapi Jogja bikin pengen kesana lagi.
love_cewek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar