Akhirnya diijinin ngunjungin greatwall lagi.. 😍 meskipun pengennya ke eropa 😀 gratisan. *ngarep* *banget* *aamiin*
Perjalanan kali ini lagi lagi disponsori kantor tercinta. Beijing. Cerita apa ya, ke Beijing kemarin naik Cathay Pasific, transit hongkong. Ga sempet keluar. Bener bener cuma transit main di bandara nya aja. Enak mana? karena sama-sama kelas economy, kayanya enak Singapore Airlines yah? setuju ga? engga ya? oke. 😑
Lalu? lalu, kemana aja selama di Tiongkok sana?
Greatwall. Karna emang mau kemana lagi? di bab 7 Keajaiban Dunia jaman SD dulu taunya cuma greatwall 😁. Saya baru tau kalo greatwall ini punya banyak gerbang. Yang tahun lalu saya kesana, saya ga tau masuk gerbang apa namanya. Yang jelas kalo yang sekarang lewat Mutianyu. Lebih komplit. Ada burger king juga. 😛 Tetep aja yg dibahas makanan. 😃
Oiya di mutianyu ini, buat naik ke atas kita bisa hiking atau naik cablecar atau turunnya bisa naik slideway (kaya prosotan panjang bgt gitu ampe bawah). buat yang ga pengen cape dan pengen seseruan banyak pilihannya kalo lewat gerbang ini.
Tapi berhubung pas saya kesana masi hari pertama turun salju, jadi slideway nya masi dipenuhin salju dan ga bisa dilewatin. Akhirnya kita cuma naik cable car. Dan itu dingin banget. juga karna saya termasuk yang ga suka ketinggian, bukan takut ya, ga suka aja *alibi*. 😁 Jadi sepanjang jalan kaku gitu megangin pegangan nya cable car. 😅 Sementara temen sebelah saya foto-foto. ironis. 😭😂
Ke Kota mana aja di Tiongkok? Beijing, Suxian, sama Zibo. Dua kota ini sama-sama jauh dari Beijing. Suxian sekitar 1.700 km. Zibo hanya sekitar 400 km. Semuanya didatengin naik kereta. Lumayan lah bisa menikmati Tiongkok lewat perjalanan kereta.Ternyata masih banyak kota kota kecil lainnya di sana. yang cuma kita lewatin doang pas dikereta. Kota nya berasa gersang, banyak industri. Tapi mungkin karna itu pas daerah pinggirannya aja kali ya. Soalnya seperti Suxian ini, kota nya bagus koq. Kaya kota baru dibangun gitu. Dan bersih juga. Terawat. Agak berbeda dengan Zibo. Masih bersih banget Suxian.
Ini di Suxian, lagi makan depan McD (iya, junkfood, lagi 😓)
nyemil sate sate bumbu cimol. enak? iya. kaya jajanan SD. 😁
Ini di Zibo. Depan salah satu Mall disana.
Tangan disebelah sate ini punya nya temen saya dengan berat badan 180 kg. Kebayang ga satenya segimana? 😱
boneka salju buat fariel. niatnya dibawa ke jakarta. 😝
yang ini di perkotaan kota Beijing. Lagi window shopping. window. shopping. 😝
Yang paling ga cocok dengan Tiongkok apa?
1. Toilet. Astaga, beda budaya mungkin ya. yang mana di indonesia itu air itu sangat sangat penting banget. kebutuhan primer. disana? toilet kering semua. Jadi ga biasa aja. Kalo di sekita Beijing dan kota-kota besar lainnya sih better ya toiletnya meskipun kering tapi bersih. Tapi masih ada kota-kota kecil lainnya yang.. haduh bingunglah mau comment apa. 😰😴
2. Makanan. Masih susah banget cari makanan halal disana.
3. Bahasa. Jarang banget yang bisa bahasa inggris pas-pas an kaya saya. 😀
Sekian. Mau ke sana lagi ga? Gratis? boleh saja. Namanya juga gratis. 😁











Tidak ada komentar:
Posting Komentar