Yuhuuuuuuuuuuuu..
Teriakan fariel begitu pesawat mendarat di Bandara Komodo. iya, anaknya sehepi ini dibilangin mau bobo di kapal. 😀😘
Jadi jauh-jauh hari, saya selalu tunjukin foto-foto labuan bajo ini ke fariel. Semacam mendoktrin dia untuk ikutan suka. 😂 Maksudnya sih biar suatu hari ketika kita dapet kesempatan ke sana, dia akan hepi. Cerita bahwa kalo kesini kita akan nginep di kapal, liat pemandangan sebagus ini. Liat komodo. liat kelelawar. Dan dy excited. Sempet menunjukkan tanda tanda worry sih, "disana ada hiu ga? komodo nya gigit ga? ombaknya besar ga?" dan pertanyaan pertanyaan lainnya yang jadi unek-unek dia.
Berbekal penjelasan jauhjauh hari inilah, akhirnya dy siap traveling kesini. Bismillah. Doa emak dy ga cranky pas di tengah lautan lalu minta pulang 😀😕
Dannnn.. alhamdulillah dia hepi. Bahkan ketika mau turun dari kapal setelah selesai trip dy nangis. "Pail mau tidur dikapal selamanyaaaaaa" 😂😂
Ga ada cerita peluk emak erat erat karena ombak. Bahkan di kapal dy hilir mudik aja bikin emak degdegan takut kecebur. 😀 Ini mungkin karna kaptennya jago bawa kapalnya. Kalem banget. Btw, makasih beborneo untuk sailing trip nya.
Jadi bagaimana kita bisa kesini?
Pesawat ke labuan bajo ini ada beberapa pilihan. Bisa transit di bali atau cari direct flight Bandara Komodo. Harga nya? Emang harga flight ke indonesia timur ini masih bikin eungap. 😱😰😟 Pedahal wisata indonesia timur bagus bagus. Ga kalah sama luar negeri. Tapi kenapa harga pesawatnya juga ga kalah sama ke luar negeri sanaaaa 😣
Saya kemarin ambil direct flight ke Bandara Komodo lewat GOTF, lumayan bisa nge save beberapa rupiah *pentingbanget* 😀
Lanjut.
Sebetulnya wisata kesini ga melulu harus sailing trip. Pulang hari pun bisa. Cuma akan cape duluan karna dari destinasi wisata untuk kembali ke pelabuhan labuan bajo membutuhkan waktu cukup lama. Makanya saya pilih sailing trip, sekalian buat pengalaman.
Nah, maka dari itu saya bener-bener cari travel agent yang terpercaya untuk sailing trip ini. Apalagi karna saya bawa balita. Bermodal google dan instagram, akhirnya saya tau ternyata pilihan sailing trip ini ada dua, bisa open trip dan private trip.
Open trip artinya kamu akan bergabung dengan orang lain dalam satu kapal. Biaya nya tentunya jauh lebih murah. Tapiiii.. karna saya bawa balita, pas saya tanya tanya opentrip ini ada beberapa travel agent yang ga menerima anak balita.
Akhirnya, saya cari private trip. Setelah banding-bandingin harga dan review orang-orang, akhirnya saya pilih beborneo tour.
Next.
Tibalah saatnya kita pergi. 💓 Sailing trip labuan bajo bawa balita. 😁💓😎
Flight jam 11 WIB sampai ke Bajo jam 14 WIT. Panas. Hehe. Iya cuaca kota pinggir pantai. Tapi, ini dari pesawat aja pulau nya udah keren banget. Jadi ga sabar mau sailing trip esok hari.
Dari bandara kita langsung ke hotel. Kita sengaja dateng H-1 biar bisa istirahat dulu menikmati kota Labuan Bajo. Dan tebak apa yang kita temukan di hotel nya????
Iyaaaaaa view sunset sekeren ini dari balkon kamar. 😍😍😍😍 Girang banget bisa liatin sunset sejernih ini. Ga mau kedip. Terusss aja foto foto takut keburu ilang. Bukan karna apa-apa, kapan lagi bisa liat sunset sebagus iniiii. Hihi norak ya. Gapapa. 😝
Berati hotel nya recomended? Overall iya. Sunset Hill Hotel. View nya bagus banget. Kamar nya luas. Kamar mandinya juga (kamar no. 09) hehe soalnya pas pulang sailing trip nginep di hotel ini juga dapet kamar no. 06 kamar mandi nya biasa aja. 😀
Terus, hmmm.. jus semangka nya enak. Breakfast nya biasa aja, hanya 2 pilihan menu. Bukan buffet. Kasurnya agak keras tapi overall oke sih. Oiya, staff nya ramah ramah banget. Laundry nya murah cuma 25 ribu per kilo. Bukan per pcs seperti biasa di hotel-hotel lainnya. 😀 oiyaa ga ada tv. tapiii kan kita jauh jauh kesini bukan buat nonton tv? 😎 Apalagi ya.. oiya tangga nya cukup curam. Jadi hotel ini cuma ada 11 kamar dan posisi nya di tebing. tapi view nya beneran keren banget. Bisa liat sendiri lah yaa.. 😀😍 dann ga ada kolam renang. btw ih apa sih ya.. minta segala segala komplit 😜 klo mau ada tv, sarapan buffet komplit, ada kolam renang dan view seindah ini ya harganya ga bisa dibawah sejutaaaaaa 😋😃 ada harga ada rupa lah yaaa.. menurut aku sih ini udah oke dengan harga segini disini.
Oh lalu hotel ini tempat nya bukan di tengah kota. jadi sepi. tapi dy menyediakan transportasi free ke kota setiap jam 10:00, 12:00, 14:00 dan jam 18:00. Diluar itu dikenakan biaya Rp. 60.000 (pp).
Semangat banget review nya ya. Endorse? engga. 😀 cuma memposisikan sebagai calon traveler ke labuan bajo yang browsing-browsing dulu cari hotel, atau travel agent karena butuh yang review nya jelas. 😀
Makan malem dimana? kita dianter ke tempat makan malem ikan bakar sama driver hotel. Seger banget ikannya. recomended. Tempatnya biasa aja sih tapi laku banget.. enak pokonya. Nama tempatnya apa? tanya aja mau makan ikan bakar. Pasti diarahin kesana. 😀
Sekarang saat nya cerita saat Sailing Trip.
Pagi-pagi kita dijemput team beborneo tour di hotel untuk dianter ke pelabuhan. disana ketemu langsung dengan si empunya beborneo, dan kebetulan dy juga ikut dampingin trip kita. Laut disana tenang banget, pas naik kapal fariel ga ada takut-takutnya. mungkin karna kapten nya selow juga bawa kapalnya dan ombaknya tenangggg 😍. Kapalnya sedang, biasanya bawa trip utk open trip 8 orang kayanya. Kamarnya ya sewajarnya kamar d kapal 😀😀 oh ada AC nya. Mandi nya air tawar. Dimasakin. Disediain cemilan juga. Air minum sm teh kopi juga. Enak koq pokonya. Fariel aja yg riwil gitu bisa nyaman kan yaa😁😁.
Dannnn trip ini kita bayar sudah termasuk semua mua nya termasuk makan minum tadi. Tiket masuk pulau komodo, alat snorkling, ntar jemput hotel, apalagi ya.. semuanya. Kecuali tips buat kru kapal dan guide.
Next, langsung cerita itenerary kita selama 3 hari 2 malem aja ya.
1. Pulau Kelor
3. Pulau Rinca
4. Pulau Kalong
5. Pulau Padar
8. Pink Beach
10. Pulau Kanawa
Sampai di Pelabuhan, fariel nangis. Mau tinggal di kapal selamanya. 😅 Alhamdulillah saking hepi nya berati ya. Kita dianter lagi ke Hotel. Sampe di hotel fariel nanyain om Imin, yang nemenin kita selama trip. Makasih ya om Iming udah mau gendong gendong fariel tracking, udah jadi temen main fariel, makasih juga Mas indra @beborneo dan para koki dan pak kapten. Perjalanan nya amazing. Pengalaman baru buat saya dan fariel. Makanannya enak enak banget. Recomended beborneo ini. Ga nyesel saya ke Bajo. 😍
Oiya Besoknya, Hari ke-5 kita leyeh leyeh seharian di kasur kamar Hotel. Agak siang pergi ke Exotic Komodo. Tempat beli oleh-oleh deket bandara. Oiya, klo pas di pink beach atau di Pulau Kelor nemu anak kecil jualan komodo dari kayu, beli aja. Murah. Banget. Dibanding di Exotic. 😀 Sekalian bantu anak kecil nya juga. Ya? 😊. Oke. sekian.
Temukan indonesiamu. Di Labuan Bajo. ❤
Pagi-pagi kita dijemput team beborneo tour di hotel untuk dianter ke pelabuhan. disana ketemu langsung dengan si empunya beborneo, dan kebetulan dy juga ikut dampingin trip kita. Laut disana tenang banget, pas naik kapal fariel ga ada takut-takutnya. mungkin karna kapten nya selow juga bawa kapalnya dan ombaknya tenangggg 😍. Kapalnya sedang, biasanya bawa trip utk open trip 8 orang kayanya. Kamarnya ya sewajarnya kamar d kapal 😀😀 oh ada AC nya. Mandi nya air tawar. Dimasakin. Disediain cemilan juga. Air minum sm teh kopi juga. Enak koq pokonya. Fariel aja yg riwil gitu bisa nyaman kan yaa😁😁.
Dannnn trip ini kita bayar sudah termasuk semua mua nya termasuk makan minum tadi. Tiket masuk pulau komodo, alat snorkling, ntar jemput hotel, apalagi ya.. semuanya. Kecuali tips buat kru kapal dan guide.
Next, langsung cerita itenerary kita selama 3 hari 2 malem aja ya.
1. Pulau Kelor
Biasanya nih ya, trecking paling sulit itu adanya di tengah tengah. Bukan di awal kaya giniiii. 😂😞 pas sampe pulau kelor, shock gitu liat rute tracking nya. itu sudut bukit nya ada kali >50 derajat. entah ini lebay ato engga ya. pokonya bikin ga mau naik. 😂
Pak suami juga. "Aku dibawah aja. Males naik". trus kita ngelamun bengong bengong depan bukit. Sampe akhirnya, guide nya menyadarkan kita bahwa masa udah jauh jauh kesini kita cm di bawah doang. BHAIK om guide. kami naik. 😐
Dan tracking ini berakhir di bully an ayah pail dan pail karna liat emaknya ngerayap di dinding bukit. 😓 Susah serius. Peer banget.
Tapi om guide nya bener sih men. Sayang banget kalo ga naik. Karna view nya yang emang keren. Meski bukan view paling top di labuan bajo tapi ini emang keren.2. Manjarite
Disini kita snorkling. Bagus? Kayanya masih bagus di derawan ya..
3. Pulau Rinca
Kenapa ga ke pulau komodo? sama sama masuk taman nasional komodo sih ini pulau. Dan karena pulau ini lebih kecil dari pulau komodo sehingga probabilitas nemu komodo nya akan lebih besar ketika tracking di pulau ini dibanding di pulau komodo.
Terbukti? Yes.
Komodo ini sukanya berkamuflase. pura pura jadi patung pas ngincer mangsa. trusssssss.. duh lupa nih ranger nya jelasin apa. 😀 searching aja lah ya. 😀
Oiya semuanya dibuat natural. Komodo hidup dengan cara bertahan hidup nya sendiri. Begitu juga binatangbinatang lainnya. Rusa, ular, monkey, kerbau. Ga boleh sama sekali dikasih makanan sama manusia secara disengaja. Karnaaa akan mengacaukan rantai makanan dan ekosistem disini.
4. Pulau Kalong
Kita sampe di pulau kalong sore hari. Memang sekalian nginep disini. Menikmati sunset dan kalong-kalong yang keluar dari pulau nya pas waktu malam tiba. Ini salah satu wishlist emak juga sih. Sayang real nya, kalong keluar ga pas sunset. Langit udah terlanjut gelap jadi ga terlalu bagus. tapi tetep amaze sih tiba tiba lihat kalong terbang sebanyak itu berasa ga abis abis. 😍😍Oiya, pas jam 11 malem, fariel bangun minta pipis. Dannn baru kali ini emak liat bintang malem sebanyak iniiiii. Duh sayang ayah pail udah males melek buat foto.
5. Pulau Padar
Hari Kedua. Kita berangkat jam setengah 5 subuh dari Perairan Pulau Kalong. Harus buru-buru soalnya biar ikut arus ke arah Pulau Padar. Karena ternyata, sekarang lagi musim angin tenggara yang mana menyebabkan gelombang tinggi di deket lautan lepas selatan Pulau Padar.
Sempet ngeri gitu sih pas dibilangin kaya gitu. Saya mencoba tidur nyenyak layaknya anak dan pak suami. Tapiiiii.. dasar gampang parno, saatnya nemu gelombang tinggi, saya ga bisa tidur. Baca ayat kursi ama doa slamet ga putus-putus ampe ga tau yang diucapin apa 😀😅
Dan setengah 8 sampailah kita di Pulau Padar. Yuhuuuuu. Icon nya labuan bajo. 😍😍 Ah seneng banget bisa kesini. Dan kabar gembira, baru 2 bulan yang lalu, fasilitas tangga untuk naik ke puncak pulau padar telah selesaiiiii. Jadi kita ga perlu tracking ala ala pendaki gunung lagi. Alhamdulillah 😍
Fariel? Awal-awal jalan sendiri. Lalu? Di gendong om Iming. Atau Ayah. Lanjut Om Iming. Lanjut Ayah. 😀
Pas sampe puncak? Subhanalloh banget. Tiga lekukan pantai dengan jenis pasir yang berbeda. Pink, Hitam dan Putih. Keren banget.6. Manta Point
Manta nya ga ada. Malu. Sembunyi.7. Taka Makasar
Kita cuma lihat dari kapal aja sih. hehe. Jadi Taka makasar ini pulau kecil, eh apa ya, pokonya ada sepetak pasir putih di tengah lautan. Bersih putih bening banget. Dan karna fariel lagi bobo, saya lagi males berenang, begitu juga pak suami, jadi kita cuma lihat dari atas. 😀
8. Pink Beach
Pasir pink ini katanya dari cangkang cangkang kerang yang warna nya merah agak pink gitu. Bagus.. fariel seneng banget disini.. akhirnya main pasir dan main air. 😍😍 Cukup lama juga kita disini, sampe nunggu sore. Karena biar pas sampe di Gili Lawa pas menuju sore.9. Gili Lawa
Ngapain? tracking lihat sunset dari puncak bukit. Tracking disini gampang banget. Ga ada merayap merayap *sombong* 😅 Alhamdulillah fariel juga hepi.. naik puncak bukit ga pake gendong. 😀
Dan sunset nya emang keren banget disini. Eh sebetulnya jalur tracking disini itu ada 2. Ada yang long track sama short track. Saya? sudah ketebak lah ya ambil short track. 😀 Kalo yang long track katanya tracking nya cukup susah, kaya ke Padar kalo belum ada tangga. Oke. Kebayang. 😓
Tapiii yang punya pikiran males cuma segelintir orang. Sisa nya? apalagi turis-turis luar sana banyak yang long track, dan subuh-subuh nya juga, ngincer sunrise yang katanya keren banget. Buat yang muda muda kayanya emang harus banget cobain long track. Mumpung udah sampe sana kan.
Selesai main di bukit, menuju petang kita balik ke kapal. Mandi, makan, dan bobo. Bobo di perairan parkiran gili lawa. Tenang banget. Bobo nyenyak.
10. Pulau Kanawa
Dari gili lawa, Hari ke tiga kita ke pulau Kanawa. Masuk ke Pulau ini bayar. Berapa? ga tau sih udah sepaket sama kapal. Disini main air sama snorkling. Ada tempat makannya juga. Puas main di Kanawa akhirnya kita pulang ke labuan bajo. Sebenernya ditawarin ke Pulau Bidadari, tapi udah puas sih dengan destinasi destinasi kemarin. Jadi pulang ajaa. 😀Selesai.
Sampai di Pelabuhan, fariel nangis. Mau tinggal di kapal selamanya. 😅 Alhamdulillah saking hepi nya berati ya. Kita dianter lagi ke Hotel. Sampe di hotel fariel nanyain om Imin, yang nemenin kita selama trip. Makasih ya om Iming udah mau gendong gendong fariel tracking, udah jadi temen main fariel, makasih juga Mas indra @beborneo dan para koki dan pak kapten. Perjalanan nya amazing. Pengalaman baru buat saya dan fariel. Makanannya enak enak banget. Recomended beborneo ini. Ga nyesel saya ke Bajo. 😍
Oiya Besoknya, Hari ke-5 kita leyeh leyeh seharian di kasur kamar Hotel. Agak siang pergi ke Exotic Komodo. Tempat beli oleh-oleh deket bandara. Oiya, klo pas di pink beach atau di Pulau Kelor nemu anak kecil jualan komodo dari kayu, beli aja. Murah. Banget. Dibanding di Exotic. 😀 Sekalian bantu anak kecil nya juga. Ya? 😊. Oke. sekian.
Temukan indonesiamu. Di Labuan Bajo. ❤
















halooo mba salam kenal... mba mau tanya untuk biaya private nya kena berapa ya semuanya? makasiih
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
HapusHalo kak,
BalasHapusItu dapat harga 8,5 untuk private trip di bulan apa ya kak kmaren?
Makasih
hai udahlama sih di juli 2018
Hapus