Hai!
Mau cerita tentang umroh bulan November tahun kemarin.
Jadi, di pertengahan tahun 2019, umroh tibatiba menjadi wishlist tahun ini. Aamiin.
Di bulan September baru bener-bener diniatin cari travel umroh direct ga pake transit transit. Sebetulnya, awalnya saya udah dapet travel umroh yang plus mesir. Karna pengen aja ke cairo liat piramida sama sphink. Tapi mayan juga biayanya, beda dikit sih tapi nanti takutnya jadi ga puas di Mesirnya dan anaknya lelah.
Akhirnya, browsing sana sini yang lebih spesifik, cari cari review, bandingin harga, pesawat direct, jarak hotel ke masjidil haram (karna saya bawa anak, jadi benerbener dipertimbangin), dll dll, pilihan saya dan suami jatuh ke Alsha Tour. Dengan paket triple, direct Jeddah, 9 hari. Bismillah.
Akhirnya, browsing sana sini yang lebih spesifik, cari cari review, bandingin harga, pesawat direct, jarak hotel ke masjidil haram (karna saya bawa anak, jadi benerbener dipertimbangin), dll dll, pilihan saya dan suami jatuh ke Alsha Tour. Dengan paket triple, direct Jeddah, 9 hari. Bismillah.
Oiya, di bulan September pula, mulai gencar sounding-sounding ke fariel tentang keadaan disana. Kebetulan di bulan itu di sekolahnya fariel ada agenda manasik haji. Kata fariel, mekkah boongan. 😅 Harapannya sih dengan telah disampaikan ke fariel agenda disana ngapain aja, cuaca nya gimana, dan lainlainnya dy jadi excited dan ga pake rewel dan niat ibadah. Aamiin.
Lanjut ya, Mulai siapin syarat-syarat, alhamdulillah semua lengkap tinggal suntik meningitis.
Browsing tempat meningitis di internet dan hasil info dari agen travel, ternyata sekarang untuk suntik ini bisa daftar online disini. Saya pilih di Kantor Kesehatan Pelabuhan Halim, cari yang ga begitu jauh dari kantor. Daftar online hari itu juga, siangnya langsung dateng ke KKP. Kebetulan ga begitu antri, kurang lebih total 15 menit an udah dapet buku kuningnya.
Sebetulnya tidak hanya di KKP suntik meningitis ini bisa dilakukan. Di RS Fatmawati dan RS PON juga bisa. Bahkan kalo di RS Fatmawati bisa hari sabtu, tapi klo di rumah sakit ga bisa daftar online. Tapi ternyata ga begitu nunggu lama koq.
Berangkat.
Jadi saya pakai travel Alsha Tour and Travel. Travel ini ngeberangkatin beberapa kali dalam sebulan. Terpercaya sih menurutku, karna di rombongan kita, ada yg udah 5 kali berangkat pake alsha terus. Ya berati kannn...
Next, kita berangkat sesuai jadwal alhamdulillah ga ada rintangan sampai di Makkah hampir subuh. Karna hotel kita di pelataran masjidil haram, jadi adzan kedengeran disana, dan suara imam pun ada d speaker kamar dan mushola hotel, jadi kalo misalnya kalian ga keburu sampai ke dalem mesjid, bisa jamaah di mushola hotel ataupun di kamar. Tapi kan sayang ya udah sampai Makkah lalu ga shalat di masjid nya.
Btw kalo udah waktunya shalat, pelataran mesjid pasti udah penuh, begitupun di dalem mesjid, makanya kalo mau jamaah dan dapet didalem mesjid harus berangkat maksimal setengah jam sebelum adzan.
Oiya begitu sampai makkah kan kita sunah nya langsung umroh ya.. dan udah pake pakaian ihram. Ada beberapa titik dimana kita bisa niat umroh. Kalau pesawat kita direct Makkah, kita niat di pesawat, nanti dipesawat akan diinfokan kalo kita udah mau sampe di titik itu, namanya miqat Yalamlam ya.
Tapi btw, infonya beberapa ulama dan pemerintah disana sudah membolehkan mengambil miqat di Bandara Jeddah. Jadi kalian bisa ganti baju ihram disana. Tapi balik lagi ke keyakinan masing-masing sih, kadang orang lebih afdol ketika ambil miqat di yalamlam.
Dan... sampailah kita di depan masjidil haram. Subhanalloh.. sedih bgt terharu aja bisa sampai sana. Mimpi apa gt. 😭 Ga bisa ceritain segimana terharu nya, apalagi liat anak juga sehepi itu.
Oiya, H-8 sebelum berangkat umroh, anakku dirawat pneumonia. Di rawat hampir satu minggu, H-3 baru telepon travel agent minta di reschedule, tapi udah gabisa. Bismillah.. dan H-1 fariel boleh pulang dari Rumah Sakit. Tetep berangkat. Minta obat sama dokter buat pencegaha. Minta vitamin dll. Dan Subhanalloh, selama disana obat-obat itu ga disentuh sama sekali, kecuali vitamin sengaja tetep diminum. Allah baik banget ya 💓. Fariel sehat, ga pake rewel, ga susah makan pedahal tau sendiri makanan di sana beda sama di Indonesia. Bahkan dy khawatir banget klo ga diikutkan di kegiatan-kegiatan umroh, katanya takut ga dapet pahala. Nangis ga sih...😭
Apalagi ya... Pas prosesi umroh yang paling harus sabar pas Sai. hehe karna mayan sih 7 kali bolak balik safa marwah kan. Tapi bayangin pas dulu Siti Hajar lari-lari cari air bulak balik dan panas terik. Kita? udah di dalem ruangan, ber ac, lantai dingin bgt, air minum dimana-mana. Masa mau ngeluh? Eh tapi untuk yang ga mampu, seperti orang tua, atau yang tidak mampu berjalan, ada penyewaan kursi roda disana, beserta yang dorongin. Pokonya dimudahkan banget.
Lalu pas towaf, tapi kalau pas tawaf tergantung jarak kita ke Ka'bah seberapa jauh. Makin deket maka makin ga berasa tawaf nya.
Eh iya, banyak bgt orang rebutan shalat di hijr ismail dan mencium hajar aswad. Kalau kamu ga bisa? ya gapapa ga usah maksain apalagi sampe menyakiti diri sendiri atau orang lain. Saya sih percaya aja allah pasti mendengar doa kita dimanapun. 💓
Oiya suhu pas disana juga ga begitu panas. Masih wajar banget. Pas Tawaf gimana? kan meskipun misal ada matahari tp tetep lantai nya dingin bgt. Dan air zamzam dimana-mana juga.
Pas di Madinah, suhu di madinah malah agak-agak dingin gitu enak. Tempat shalat nya terpisah antara laki-laki dan perempuan. Ga seperti di Masjidil Haram. Jadi kalau pas waktunya shalat, kita janjian di pintu nomor berapa. Terus kalau mau ke Raudhah baiknya malem-malem atau pagi sekalian. Untuk perempuan, pintunya ga dibuka sepanjang waktu, ada jadwalnya. Tapi kalo untuk laki-laki bebas. Di Raudhah ini antri banget pas mau masuk dan desek-desekan. Kita fokus aja ketika sampe raudhah, kalau shalat ya fokus shalat meskipun di dorong-dorong orang karena ya memang begitu.. dan sarannya kalo mau doa, lakukan ketika km udah salam terakhir, kamu sujud lagi dan berdoalah. Jadi orang akan mengira km masih shalat. Soalnya kalo udah ketauan km selesai shalat, biasanya akan disuruh keluar karena giliran dengan jamaah lain. Tapi ya jangan lama-lama juga kan harus gantian yaaaa.. 💓
Oiya disana ada masanya kita ziarah ke tempat-tempat bersejarah, ya semacam wisata rohani. Jabal uhud, Masjid-masjid lainnya selain masjidil haram dan masjid nabawi, dan Gua Hiro, dan tempat tempat lainnya.
Subhanallah bgt. Alhamdulillah ya allah udah dikasih kesempatan kesana 😭. Pengen kesana lagi. Aamiin. Semoga kalian juga dimudahkan ya untuk kesana. Aamiin. 💓
Di tengah pandemi ini, banyak orang yang terkendala pergi ke tanah suci. bahkan yang sudah d bandara tinggal naik pesawat pun tiba-tiba harus cancel. Yang sabar ya.. allah pasti memudahkan semuanya. Semoga pandemi ini segera berlalu. Jadi kita bisa berkunjung lagi ke Tanah Suci Makkah, dan Masyarakat Indonesia bisa melaksanakan ibadah haji juga di tahun depan. Aamiin.
💓
Browsing tempat meningitis di internet dan hasil info dari agen travel, ternyata sekarang untuk suntik ini bisa daftar online disini. Saya pilih di Kantor Kesehatan Pelabuhan Halim, cari yang ga begitu jauh dari kantor. Daftar online hari itu juga, siangnya langsung dateng ke KKP. Kebetulan ga begitu antri, kurang lebih total 15 menit an udah dapet buku kuningnya.
Sebetulnya tidak hanya di KKP suntik meningitis ini bisa dilakukan. Di RS Fatmawati dan RS PON juga bisa. Bahkan kalo di RS Fatmawati bisa hari sabtu, tapi klo di rumah sakit ga bisa daftar online. Tapi ternyata ga begitu nunggu lama koq.
Berangkat.
Jadi saya pakai travel Alsha Tour and Travel. Travel ini ngeberangkatin beberapa kali dalam sebulan. Terpercaya sih menurutku, karna di rombongan kita, ada yg udah 5 kali berangkat pake alsha terus. Ya berati kannn...
Next, kita berangkat sesuai jadwal alhamdulillah ga ada rintangan sampai di Makkah hampir subuh. Karna hotel kita di pelataran masjidil haram, jadi adzan kedengeran disana, dan suara imam pun ada d speaker kamar dan mushola hotel, jadi kalo misalnya kalian ga keburu sampai ke dalem mesjid, bisa jamaah di mushola hotel ataupun di kamar. Tapi kan sayang ya udah sampai Makkah lalu ga shalat di masjid nya.
Btw kalo udah waktunya shalat, pelataran mesjid pasti udah penuh, begitupun di dalem mesjid, makanya kalo mau jamaah dan dapet didalem mesjid harus berangkat maksimal setengah jam sebelum adzan.
Oiya begitu sampai makkah kan kita sunah nya langsung umroh ya.. dan udah pake pakaian ihram. Ada beberapa titik dimana kita bisa niat umroh. Kalau pesawat kita direct Makkah, kita niat di pesawat, nanti dipesawat akan diinfokan kalo kita udah mau sampe di titik itu, namanya miqat Yalamlam ya.
Tapi btw, infonya beberapa ulama dan pemerintah disana sudah membolehkan mengambil miqat di Bandara Jeddah. Jadi kalian bisa ganti baju ihram disana. Tapi balik lagi ke keyakinan masing-masing sih, kadang orang lebih afdol ketika ambil miqat di yalamlam.
Dan... sampailah kita di depan masjidil haram. Subhanalloh.. sedih bgt terharu aja bisa sampai sana. Mimpi apa gt. 😭 Ga bisa ceritain segimana terharu nya, apalagi liat anak juga sehepi itu.
Oiya, H-8 sebelum berangkat umroh, anakku dirawat pneumonia. Di rawat hampir satu minggu, H-3 baru telepon travel agent minta di reschedule, tapi udah gabisa. Bismillah.. dan H-1 fariel boleh pulang dari Rumah Sakit. Tetep berangkat. Minta obat sama dokter buat pencegaha. Minta vitamin dll. Dan Subhanalloh, selama disana obat-obat itu ga disentuh sama sekali, kecuali vitamin sengaja tetep diminum. Allah baik banget ya 💓. Fariel sehat, ga pake rewel, ga susah makan pedahal tau sendiri makanan di sana beda sama di Indonesia. Bahkan dy khawatir banget klo ga diikutkan di kegiatan-kegiatan umroh, katanya takut ga dapet pahala. Nangis ga sih...😭
Apalagi ya... Pas prosesi umroh yang paling harus sabar pas Sai. hehe karna mayan sih 7 kali bolak balik safa marwah kan. Tapi bayangin pas dulu Siti Hajar lari-lari cari air bulak balik dan panas terik. Kita? udah di dalem ruangan, ber ac, lantai dingin bgt, air minum dimana-mana. Masa mau ngeluh? Eh tapi untuk yang ga mampu, seperti orang tua, atau yang tidak mampu berjalan, ada penyewaan kursi roda disana, beserta yang dorongin. Pokonya dimudahkan banget.
Lalu pas towaf, tapi kalau pas tawaf tergantung jarak kita ke Ka'bah seberapa jauh. Makin deket maka makin ga berasa tawaf nya.
Eh iya, banyak bgt orang rebutan shalat di hijr ismail dan mencium hajar aswad. Kalau kamu ga bisa? ya gapapa ga usah maksain apalagi sampe menyakiti diri sendiri atau orang lain. Saya sih percaya aja allah pasti mendengar doa kita dimanapun. 💓
Oiya suhu pas disana juga ga begitu panas. Masih wajar banget. Pas Tawaf gimana? kan meskipun misal ada matahari tp tetep lantai nya dingin bgt. Dan air zamzam dimana-mana juga.
Pas di Madinah, suhu di madinah malah agak-agak dingin gitu enak. Tempat shalat nya terpisah antara laki-laki dan perempuan. Ga seperti di Masjidil Haram. Jadi kalau pas waktunya shalat, kita janjian di pintu nomor berapa. Terus kalau mau ke Raudhah baiknya malem-malem atau pagi sekalian. Untuk perempuan, pintunya ga dibuka sepanjang waktu, ada jadwalnya. Tapi kalo untuk laki-laki bebas. Di Raudhah ini antri banget pas mau masuk dan desek-desekan. Kita fokus aja ketika sampe raudhah, kalau shalat ya fokus shalat meskipun di dorong-dorong orang karena ya memang begitu.. dan sarannya kalo mau doa, lakukan ketika km udah salam terakhir, kamu sujud lagi dan berdoalah. Jadi orang akan mengira km masih shalat. Soalnya kalo udah ketauan km selesai shalat, biasanya akan disuruh keluar karena giliran dengan jamaah lain. Tapi ya jangan lama-lama juga kan harus gantian yaaaa.. 💓
Oiya disana ada masanya kita ziarah ke tempat-tempat bersejarah, ya semacam wisata rohani. Jabal uhud, Masjid-masjid lainnya selain masjidil haram dan masjid nabawi, dan Gua Hiro, dan tempat tempat lainnya.
Subhanallah bgt. Alhamdulillah ya allah udah dikasih kesempatan kesana 😭. Pengen kesana lagi. Aamiin. Semoga kalian juga dimudahkan ya untuk kesana. Aamiin. 💓
Di tengah pandemi ini, banyak orang yang terkendala pergi ke tanah suci. bahkan yang sudah d bandara tinggal naik pesawat pun tiba-tiba harus cancel. Yang sabar ya.. allah pasti memudahkan semuanya. Semoga pandemi ini segera berlalu. Jadi kita bisa berkunjung lagi ke Tanah Suci Makkah, dan Masyarakat Indonesia bisa melaksanakan ibadah haji juga di tahun depan. Aamiin.
💓



Tidak ada komentar:
Posting Komentar