Rabu, 15 Juli 2009

Instal Garmin di N5800


Kemaren gue iseng2 browsing tentang GPS di N5800. Kan kalo pake navigasi bawaannya cuma trial, dipake berapa kali udah abis. Terus pas browsing ada yang bilang pake garmin aja. Hmm dari situ gue langsung fokus cari tentang garmin. Dari beberapa situs, dapet deh tutorial buat instal garmin. Gue kasih kesimpulannya aja ya :

1. Download aplikasi garmin dari situs garmin : http://www8.garmin.com/support/download_details.jsp?id=3939

2. Copy aplikasi garmin tadi ke memory card hape mu, terus instal.

3. Terus, eject hape dari komputer mu, terus cek pake file manager, cari file garmin .sis, biasanya sih kesimpen di root memory card.

4. Instal file .sis tersebut.

5. Jalankan aplikasi garmin di hape mu. Tapi aplikasi itu masih di lock. Jadi buat nge-unlock nya, kamu donlot dulu software nya. Bisa donlot disini : http://www.4shared.com/file/57555587/2338812e/GMXT_Key.html

6. Sebelum nyambungin hape ke komputer lagi, kamu liat dulu di aplikasi garmin, setting, dan klik about. Catet Card Id nya.

7. Sambungin Hape ke kompie, terus jalanin software buat nge-unlock garmin.

8. Disitu diminta untuk masukkan Unit Id. Masukkan Card Id tadi. Klik Generate.

9. Kode hasil generate, dicopy ke notepad. Save file menjadi SW.UNL. (Cara ng-save nya tau kan? tulis namanya SW.UNL, pilihan file nya ALL FILES).

10. SW.UNL di simpan ke folder garmin pada memory card.

11. Untuk map gratis, kamu bisa donlot di http://navigasi.net/goptd.php.

12. Klo udah di donlot, eksrak file .exe nya. Nge-ekstractnya kaya nge-instal. Di- next next aja. Nantinya hasil ekstract akan jadi banyak file.

13. File-file hasi ekstract tadi simpen di directory memory card di folder garmin.

Udah dehh.. selesaii.. garminnya bisa langsung dipakai.. Lumayan klo lagi kesasar... Hehehehe..

2 komentar:

  1. mbak.....koq softwarenya gag mw kebuka yah???

    BalasHapus
  2. masa?? aq buka barusan koq bisa yah?? :D cobain lagi aja.. lg error kali koneksinya.. :)

    BalasHapus