Awalnya gara-gara laptop gue ditinggalin di rumah tercinta.. Jadinya kalo mu nonton film baru hasil donlotan orang2 yang bisa donlot susah. Kan klo mu nonton di kantor juga ga bebas. Orang-orang pada hilir mudik, karna emang meja gue tepat sebelahan sama pintu masuk ruangan.
Dan beruntungnya, hape gue bisa muterin film. Dan ada kabel tv-out nya juga, biar bisa lebih puas nonton nya klo disambungin k tv. Cuma cuma cuma, tu hape cuma mau muterin .mp4, bukan.avi ato .vob. Ok. Itu masalah gampang, gue bisa convert .avi jadi .mp4 pake tools xilisoft video converter.
Tapi kebanyakan kan kalo donlot film luar, ga ada subtitles nya. Kalo pun ada file nya terpisah. Kalo .avi dan dijalanin di komputer sih bisa2 aja tuh subtitles kebaca. Masalahnya kan ini di hape, dan formatnya .mp4, jadi ga kebaca subtitlesnya.
Satu-satunya cara, tuh subtitles yang misah harus di mux dulu sama film nya. Dijadiin satu file. Gue googling sih dapet yang katanya pake tools Avi-Mux Gui. Cuma koq ga berhasil, tuh subtitles tetep ga berhasil digabungin, pedahal format text nya udah .srt. Haduuuhh bingung gue. Terus coba googling lagi, katanya pake virtual dub, cuma ngebutuhin banyak software lain juga. Ribet dah. Masalahnya, di kantor gue, ga bisa donlot, sekarang lebih parah, dari email pun ga bisa donlot attachment. Fiuuuhhhhhh... Cape dehh..
Ah, klo dah kaya gini baru deh ngerasain butuh bgt yang namanya modem. Huehehehe. Jadi alesan buat gue buat beli tu barang. Abis selama ini gue mikirnya buat apa gitu. Lha orang gue jarang donlot2. Kalo sekedar fesbukan, buka mail sama chat ma masih bisa di kantor, ato engga pake hape.
Sebenernya ga ada yg ngelarang sih buat beli tu barang, orang duit2 gue. Cuma koq rasanya beraattt bgt, sayang euy. Heu.. Tapi kayanya perlu dipikir lebih lanjut deh. Lumayan bermanfaat ternyata modem itu.
Finally, kesimpulannya, gue belum bisa gimana caranya tu gabungin avi sama subtitlenya. Huuhh.. :(
edit at 15 July 2009
Kemaren temen gue si dinar cobain donlot vobsub sama virtualdubMod.. Dan setelah diutak-atik, huhu, dan berkat nemuin site tutorialnya, akhirnya berhasil juga gabungin film sama subtitlenya.. :D
Caranya gini :
1. Donlot virtualDubMod dan vobSub.
2. Instal vobSub.
3. Jalankan virtualDubMod, add video
4. Setelah instal vobsub, kemudian pada virtualDubMod, video--filter--add, akan ada list textSub.
4. Klik textSub untuk memasukkan file .srt ke dalam source video. Klik Ok.
5. Masuk ke menu video--compression, pilih DivX 6.8 Codec untuk video compressionnya.
6. Save file As .avi
Selesai deh, cuma prosesnya emang agak lama. Tapi lumayan jadi bisa nonton film di hape.. huhehehe.. :D
Frita,,kudu thanx 2 ma sapa nih??
BalasHapus:D
hahaha.. segitu diatas dah dibilangin dinar..
BalasHapusok cuy.. thanks to mr. dindin.. hahahaha..
sekarang gi ngulik garmin.. @_@.. lieur gara2 ga bisa donlot peta nya sih intinya ma.. heuehehuu..
thx yaaa...
BalasHapuskok ga ada link downloadnya? :D
BalasHapusiyaa waktu itu lupa donlot dimana.. huehehe
BalasHapussearch di google aja yahh.. yakin ada.. hihi..