Kemaren ada temen gue (baca : sangkeu), nanyain ttg hp nya yang klo tiap kirim sms, di outbox nya tuh ada mms gitu. Kata gue sih itu virus. Dulu juga gue pernah tuh kaya gitu, ga persis sama kaya gitu sih kasusnya. Klo waktu itu, tiap kali kirim sms, tu hape kirim sms berulang2 ke no aneh, nah untungnya, no aneh nya tu aneh bgt, hihi maksudnya, gimana ya, lupa sih gue no nya tepatnya berapa. Yang pasti gara2 nomernya yg aneh itu, sms nya jadi failed buat dikirim. Jadi gue ga rugi juga. Hehehehe.Cuma, ya itu tadi, jadi kan geuleuh aja klo liat outbox jadi penuh ga puguh. Terus, solusinya waktu itu gue cek d MMC nya ada aplikasi yg ga pernah gue instal tapi ada ga, dan ternyata ada. Terus gue hapus tuh aplikasi di MMC, pas gue cobain lagi kirim sms, ternyata masih ada virusnya. Gue cek lagi deh tu aplikasi di MMC, ternyata ada lagi, pedahal dah gue hapus.
Emhhh, penasaran, gue format aja MMC nya. Gue coba lagi, ternyata tetep ada lagi. Ternyata, gue iseng cek ke system nya, emang udah masuk ke System di folder C nya. Gue hapus disitunya, dan udah deh beresss. Buat bisa akses Systemnya tuh donlot aja dulu aplikasi file manager, ato SystemQ, eh aduh gue lupa juga nama aplikasi nya. Ya pokonya itu deh.
Jadi buat hapenya yg kena virus, jangan buru2 panik apalagi ampe minta di service di counter. Uhhh bisa jadi santapan buat s emang2 counter tuh. DImahalin deh pasti harganya. PEdahal solusinya cuma kaya gitu doank.
Eh btw, mumpung gi ngebahas ttg hape. Gue juga pernah pas masih pake nokia 6600, tu hape ngadat ga mau ngapa2in. Pesannya intinya low memory aja. Gue pedahal udah kosongin MMC + memori telponnya juga. Eh maksudnya aplikasi2 di memory telpon kecuali yg bawaan udah gue hapus. Tp tetep aja sisanya tinggal 300kb.
Gue bingung gimana caranya biar memory nya bener2 bersih. Terus gue tanya sama s om, om gugle. Ternyata ada caranya. Reset.
Ga cuma reset kaya restart aja. Ada dua jenis reset.
1. Normal Reset (*#7780#) : ngerestore file .ini dari ROM tetapi ga ngehapus data-data yang ada di Hp Images, Document, Kontak, dll). Jadi klo menurut gue sih kaya restart hape biasa aja.
2. Hard Reset (*#7370#) : klo reset yang ini bakal ngehapus semau data di phone memory (kontak, sms, foto, aplikasi,dll). Jadi kaya seolah ngeformat drive C aja. Jadi bersih lagi tu HP.
Nah gue coba yang ke 2 tuh, kayanya hape gue bakalan seger lagi klo di format. Tapi, klo mu cobain yang kedua, harus pastiin baterei hape full. Buat yang hapenya ngedrop, sambil di charger aja. Jangan ampe mati ditengah2 deh prosesnya, bisa2 system hp kamu jadi kacaw.
Pas gue cobain, iya berhasil, memory telpon yang tadinya cuma 300 kb pedahal udah ngehapus semua file yg bisa dihapus, jadi kebalik. Jadi memory yang kepake nya cuma 300, sisanya masih bermega-mega (baca : 6 mega). hehehehe.
Cuma ya itu tadi, hape bersih lagi, ampe kontak pun ga ada satu pun. :D. Ga pa2 deh, yang penting tuh hape bisa berjalan normal kembali.
Buat yang hapenya udah mati total, ga usah putus asa juga. Bisa dicobain hard reset yang langsung k hardware nya. Tapi agak ribet sih caranya, gue juga ga pernah nyobain. Hehehe..
Gini nih caranya :
1. Tekan secara bersamaan tombol telepon (bicara), angka 3, dan tombol * (bintang).
2. Kemudian dalam keadaan menekan ketiga tombol tersebut, tekan tombol On.
3. Jangan lepasin ampe keluar pesan "formatting".
Ribet kan, semua jari berfungsi.. Hihihi.. Tapi wajib dicoba tuh, jangan asal ngasih ke s emang counter aja klo hape mu rusak.
Eh iya, semua cara itu berlaku cuma buat Hape Nokia, lebih efektif nya versi Symbian. Buat tipe lain gue ga jamin. :D
Oo iya mu berbagi pengalaman lagi, waktu itu hape sodara gue nokia 3660 rusak, bluetooth nya ga bisa, memory low terus. Dan minta benerin k gue (Di keluarga gue dah kaya tukang servis henpon, pedahal ilmu gue cuma ini.. hehehe). Gue langsung googling lagi, dan baca2 di forum, dan 3660 itu symbian juga. Gue cobain deh yg hardreset. *#7370#.
Dengan pedenya, gue langsung konfirmasi buat format tuh hape.
-------------- formatting-----------------------
--------------System Error---------------------
Jleg.... gue langsung syok.. bengong.. Hape orang gitu loh. Panik juga, gimana klo sistemnya rusak beneran. Ahhhhhh gaji gue harus dipotong buat ganttiin ni hape.. :((
Dan pas formatting berhenti gitu. Hape gue nyalain lagi, dan emang bener, ga bisa booting sama sekali. Hape nya mati, sodaqolloh. Innalillahi. Asli panik gila,,,,,,
Gue bingung. Tuh hape gue simpen aja dulu. Gue berdoaaa aja gimana caranya biar ga usah gantiin tu hape, ampe mikirin alesan apa yang kreatiff dan logis. Hehehe..
Berapa lama... sekitar 10 menit cari alesan dan DAPET. Gue praktekin deh, biar terlihat lancar dan ga keliatan boong nantinya.
Sambil ngomong sendiri kaya lagi presentasi disaksiin ade2 gue yg cuma bisa ketawa liat kepanikan gue. Gue nyalain deh tu hape, menunggu pesan SYSTEM ERROR buat lanjutin presentasi. --------- Dan ternyata tu hape baik2 aja. BAIK BAIK AJA. Huuuuhhhh leganya, meski presentasi gue buat ngungkapin alesan picik itu gagal. Hehehehehe. Tapi asliiii lega... Alhamdulillah, ternyata Tuhan masih sayang sama gue.
Emang iya jadi bener, cuma bluetooth nya tetep ga jalan, kayanya emang perangkat bluetooth nya dah rusak deh. Jadi teman-teman, reset diatas cocok juga buat 3660.
Cobain yah buat yg hapenya ngalemin kasus yang kaya gitu. :D
makasih info nya....
BalasHapusCoba dach..
BalasHapushp gw bisa tpi nga bsa ngapa2 in gman nh hp nokia 3660 abs pasng anti virus malah kena virus
BalasHapuscoba cek aja di sistemnya.. ada aplikasi yg ga merasa diinstal tapi ada ga?
BalasHapusklo ada, itu hapus aja.. tp jgn hapus sistem yg dari nokia nya :D