Senin, 03 Agustus 2009

Alergi

Alergi.
Kenapa tiba2 ngomongin ini? Karna.. Karna kemaren gue ngerasa kalo gue kena alergi. Tiap kali kena udara panas, pengap mungkin lebih tepatnya, gue jadi gatel2, dan badan jadi ada bintik2 merah kaya kena demam berdarah. Dan biasanya itu tuh kejadian kalo malem. Ih gue ampe bingung gue alergi apa. Tapi ini kejadian pas gue di Jakarta, kalo pas di bandung dulu, gue kan 3 tahun kuliah di bandung, dan gue ga pernah kejadian kaya gini. Gue baik2 aja menikmati hidup gue sebagai mahasiswa. Hehehehe. Tapi kenapa pas kerja sekarang jadi kaya gini.

Gue ga obatin apa2 sih, cuma tiap malem pasti badan gue mandi kayu putih. Yang tadinya dari dulu, sebotol kayu putih tu bisa buat berapa bulan, mungkin setaun, hihi lebay. Tapi sekarang, belum sebulan juga dah abis. Kesiksa pokonya. Tapi bingung juga mau obatinnya gimana. Penyakitnya aja gue bingung, gimana mau diobatin.

Gue searching di google mungkin tentang alergi. Dan dapetinnya sih ga terlalu jelas. Hanya teori. Tapi ga pa2 lah ya..

Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik)atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia berkasi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya alergi:
  • Jagalah kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun diluar rumah. Hal ini termasuk tidak menumpuk banyak barang di dalam rumah ataupun kamar tidur yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi alergi.Usahakan jangan memelihara binatang di dalam rumah ataupun meletakkan kandang hewan peliharaan di sekitar rumah anda.
  • Kebersihan diri juga harus diperhatikan, untuk menghindari tertumpuknya daki yang dapat pula menjadi sumber rangsangan terjadinya reaksi alergi.Untuk mandi, haruslah menggunakan air hangat seumur hidup, dan usahakan mandi sore sebelum PK.17.00'. Sabun dan shampoo yang digunakan sebaiknya adalah sabun dan shampoo untuk bayi.Dilarang menggunakan cat rambut.
  • Jangan menggunakan pewangi ruangan ataupun parfum, obat-obat anti nyamuk. Jika di rumah anda terdapat banyak nyamuk, gunakanlah raket anti nyamuk.
  • Gunakan kasur atau bantal dari bahan busa, bukan kapuk.
  • Gunakan sprei dari bahan katun dan cucilah minimal seminggu sekali dengan air hangat akan efektif.
  • Hindari menggunakan pakaian dari bahan wool, gunakanlah pakaian dari bahan katun.
  • Pendingin udara (AC) dapat digunakan, tetapi tidak boleh terlalu dingin dan tidak boleh lebih dari PK.24.00'
  • Awasi setiap makanan atau minuman maupun obat-obatan yang menimbulkan reaksi alergi. Hindarilah bahan manakan, minuman, maupun obat-obatan tersebut. Anda harus mematuhi aturan diet alergi anda.
  • Temui ahli. Konsultasikan dengan spesialis. Alergi yang muncul membutuhkan perawatan yang berbeda-beda pada masing-masing penderita alergi. Mintalah dokter anda untuk melakukan imunoterapi untuk menurunkan kepekaan anda terhadap bahan-bahan pemicu reaksi alergi, misalnya: dengan melakukan suntikan menggunakan ekstrak debu rumah atau dengan melakukan imunisasi Baccillus Calmette Guirine (BCG) minimal sebanyak 3 kali (1 kali sebulan) berturut-turut.
Itu aja sih bahasan tentang alerginya. Lumayan lah ada tips-tips buat pencegahannya. Dapetnya dari wiki. :D

Eh kemaren juga pas pulang, ade gue yang paling kecil badannya bentol2 gede, ampe merah2 sebadan-badan. Waktu itu diperiksa ke dokter sih bilangnya alergi makanan, alergi ayam. Asli itu ma bentol2 nya gede banget. Ngeri liatnya juga. :p

Tapi yang alergi ayam itu waktu minggu2 kemaren, dibatin emang dah sembuh. Tapi kemaren muncul lagi bentol2nya, pedahal ga makan ayam sama sekali. Ga ngerti juga intinya laergi apa. Tapi pikiran ibu gue yang rada2 percaya sama hal2 magis kaya gitu sih, katanya, kan ade gue kemarennya abis lewat deket kuburan gitu. Kata ibu gue yang kaya gitu tu biasanya abis dikentutin hantu. Hmmm.. No comment ah. Pengen ketawa juga sih, tapi mungkin ada benernya. Ah ga tau deh, mau bilang ga percaya juga takut bener. Pokonya kalo kaya gitu masalahnya, kata ibu gue obatnya harus di mandiin pake air yang udah dikasih do'a. Ato engga pake daun apa gitu namanya tuh lupa. Katanya sih mujarab, entah sugesti. :|

3 komentar:

  1. hahaha... alergi dan percaya hal2 magis itu ciri khas masyarakat qt frit.

    intinya supaya ga alergi, hindari yang menyebabkan alergi.

    http://janganbaliknamaku.blogspot.com

    BalasHapus
  2. wah.. berarti kalo alergi panas, kudu menghindar dari jakarta dong.. ga cocok nih aq kerja di jakarta..

    hmmm..
    tampaknya hanya sebuah alasan saja ini ma.. biar kerja di bandung ato di tasik :D

    BalasHapus
  3. bisa dibilang gitu juga.
    alasan aja lu frit hehehe

    bener, asa badan ga bisa nerima dengan iklim jakarta. ga kayak bandung adem ayem

    BalasHapus